Buat Rancangan Biaya Program Makan Siang Gratis, Chef Arnold Banjir Hujatan: Nggak Pernah ke Pasar Diem!

| 03 Mar 2024 21:20
Buat Rancangan Biaya Program Makan Siang Gratis, Chef Arnold Banjir Hujatan: Nggak Pernah ke Pasar Diem!
Chef Arnold (Instagram/arnoldp)

ERA.id - Arnold Poernomo atau akrab disapa Chef Arnold menuai perhatian berkat cuitannya tentang anggaran program makan siang gratis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ia membuat dugaan rincian harga untuk makanan yang dipakai di program tersebut.

Hal ini berawal dari program tersebut yang banyak menuai pertentangan dari beberapa masyarakat karena beragam alasan. Salah satunya anggaran per porsi yang disebut-sebut hanya Rp15 ribu, yang dinilai tidak akan memenuhi gizi anak.

Namun, menurut Chef Arnold, Rp15 ribu sudah mencukupi untuk makan siang dengan menu lengkap dan sehat. Ia membagikan rincian dugaan dari harga beras hingga lauk pauk untuk program tersebut.

"Jangan Omdo. Baik sini coba dirinci," tulis Chef Arnold.

Dalam cuitannya, ia merinci harga beras, harga telur, ayam, hingga sayuran. Harga setiap bahan makanan tersebut yang per kilogram dibagi menjadi beberapa porsi makanan tidak mencapai Rp15 ribu, tetapi menurutnya sudah memenuhi makanan ideal.

"Bumbu, minyak, seasoning dan lain-lain anggap 4000. Total kurang lebih Rp13.050 pakai daging sapi mungkin bisa lebih mahal dikit. Ada lagi yang mau ditanya? Selain Omdo omdo," pungkas Chef Arnold pada unggahannya.

Rincian harga yang dibuat Chef Arnold untuk program makan gratis Prabowo-Gibran ini sontak menuai perhatian netizen dan tuai hujatan. Banyak netizen yang menegaskan bahwa harga yang dijabarkan Chef Arnold tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

"Ayam 20k/kg itu zaman kapan su? Ternak sendiri atau gimana? Kelihatan banget nggak pernah ke pasar asal nyeplos ae mengarang bebas gitu," komentar netizen.

"Jadi selama ini lo jadi chef nggak pernah ngerjain costing? Telur 17rb/kg, ayang 20rb/kg, hadeuh," ucap yang lain.

"Udahlah org kaya yg ga pernah ke pasar mending diem. Sekilo 20k ayam apaan," sambung yang lainnya.

Rekomendasi