3 Fakta Hari Perempuan Internasional 2024, Komitmen Mencapai Kesetaraan Gender

| 08 Mar 2024 16:30
3 Fakta Hari Perempuan Internasional 2024, Komitmen Mencapai Kesetaraan Gender
Hari perempuan internasional 2024 (unsplash)

ERA.id - Hari Perempuan Internasional 2024 diperingati pada tanggal 8 Maret dengan mengangkat tema "Inspire Inclusion" yang bertujuan untuk mendorong partisipasi dan representasi perempuan di berbagai bidang.

Gerakan kesetaraan gender memang banyak digaungkan di seluruh dunia, namun masih banyak perempuan yang tertinggal dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, politik, dan sosial.

Untuk itu, Hari Perempuan Internasional menjadi momen penting untuk memperkuat komitmen untuk mencapai kesetaraan gender yang lebih baik.

Fakta Hari Perempuan Internasional 2024

1. Tema

Dilansir dari laman International Women's Day, tema kampanye "Inspire Inclusion" menekankan pentingnya keberagaman dan pemberdayaan perempuan di semua aspek masyarakat.

Tema kampanye tahun ini menggarisbawahi peran krusial inklusi dalam mencapai kesetaraan gender. Ini menyerukan tindakan untuk mendobrak hambatan, menantang stereotip, dan menciptakan lingkungan di mana semua perempuan dihargai dan dihormati.

Dengan demikian, "Inspire Inclusion" mendorong semua orang untuk mengenali perspektif dan kontribusi perempuan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berasal dari komunitas terpinggirkan.

2. Mewujudkan aspirasi perempuan dalam kehidupan nyata

Dalam organisasi atau kelompok, ada banyak cara untuk memastikan kebutuhan, kepentingan, dan aspirasi perempuan dan anak perempuan agar dihargai dan diikutsertakan. Hal tersebut dapat dilakukan  melalui berbagai  tindakan seperti:

  • Mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan
  • Merekrut, mempertahankan, dan mengembangkan talenta yang beragam
  • Mendukung perempuan dan anak perempuan menuju kepemimpinan, pengambilan keputusan, bisnis, dan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika)
  • Mendesain dan membangun infrastruktur yang memenuhi kebutuhan perempuan dan anak perempuan
  • Membantu perempuan dan anak perempuan membuat keputusan yang tepat tentang kesehatan mereka
  • Melibatkan perempuan dan anak perempuan dalam pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan
  • Memberikan perempuan dan anak perempuan akses ke pendidikan dan pelatihan berkualitas
  • Meningkatkan partisipasi dan pencapaian perempuan dan anak perempuan dalam olahraga
  • Mempromosikan talenta kreatif dan artistik perempuan dan anak perempuan
  • Mengatasi area lain yang mendukung kemajuan perempuan dan anak perempuan

3. Tantangan mencapai kesetaraan gender

Tantangan Mencapai Kesetaraan Gender (unsplash)

Meskipun telah banyak kemajuan dalam mencapai kesetaraan gender, perempuan di seluruh dunia masih menghadapi berbagai tantangan, UN Women merinci beberapa diantaranya, termasuk:

  • Kemiskinan dan kurangnya peluang ekonomi

Lebih dari 340 juta perempuan dan anak perempuan diperkirakan akan hidup dalam kemiskinan ekstrem pada tahun 2030. Kurangnya akses ke pendidikan, pelatihan, dan pekerjaan yang layak membuat perempuan terjebak dalam siklus kemiskinan.

  • Diskriminasi dan ketimpangan di tempat kerja

Perempuan masih tertinggal dalam hal partisipasi angkatan kerja, gaji, dan kepemimpinan. Di banyak negara, perempuan menghadapi diskriminasi di tempat kerja, seperti pelecehan seksual dan upah yang tidak setara dengan laki-laki.

  • Norma sosial dan praktik budaya

Praktik-praktik berbahaya seperti pernikahan anak dan mutilasi genital perempuan masih terus terjadi di beberapa negara. Norma sosial yang patriarki dan diskriminatif juga menghambat kemajuan perempuan dalam berbagai bidang.

  • Kekerasan terhadap perempuan

Kekerasan terhadap perempuan, termasuk kekerasan fisik, seksual, dan emosional, merupakan masalah global yang serius.

  • Kurangnya representasi politik

Perempuan masih kurang terwakili dalam politik dan pengambilan keputusan. Hal ini membuat suara perempuan tidak didengar dan kebutuhan mereka tidak terpenuhi.

  • Akses yang tidak setara ke layanan kesehatan dan pendidikan

Perempuan di banyak negara masih tidak memiliki akses yang sama ke layanan kesehatan dan pendidikan seperti laki-laki. Hal ini berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan perempuan, serta peluang mereka untuk mencapai potensi penuh mereka.

Selain hari perempuan internasional 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi