Angkat Tema #BreakTheBias, Hari Perempuan Sedunia Kampanyekan Kesetaraan Gender

| 08 Mar 2022 14:01
Angkat Tema #BreakTheBias, Hari Perempuan Sedunia Kampanyekan Kesetaraan Gender
Hari Perempuan Sedunia (Unsplash.com/dulceylima)

ERA.id - Masyarakat global kembali merayakan Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day yang jatuh pada hari ini (8/3/2022). Dilansir dari Internationalwomensday.com, tema perayaan tahun ini mengusung #BreakTheBias.

Tema tersebut berkaitan dengan kesetaraan gender dalam konteks krisis iklim dan pengurangan risiko dari bencana. Ini dilakukan karena perempuan diakui semakin rentan terhadap dampak perubahan iklim daripada laki-laki.

Namun, pada saat yang sama perempuan dan anak perempuan adalah pemimpin dan pembuat perubahan besar yang efektif dan kuat untuk adaptasi iklim. Perempuan terlibat dalam inisiatif berkelanjutan di seluruh dunia dan partisipasi mereka menghasilkan aksi yang lebih efektif.

Sementara itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) semakin mengkaji ulang akan pemberdayaan perempuan agar memiliki suara yang sama dalam pengambilan keputusan terkait perubahan iklim. Ini juga nantinya akan berkelanjutan dalam pengembangan kesetaraan gender yang lebih maksimal.

Dengan kampanyekan kesetaraan gender dalam tema #BreakTheBias diharapkan kesetaraan gender semakin kuat, lantaran jika tanpa hal itu hari ini, maka masa depan yang setara antara perempuan dan pria akan semakin mustahil. Dengan demikian tema Hari Perempuan Sedunia dimaksudkan untuk "Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan" (Gender equality today for a sustainable tomorrow).

Rekomendasi