Mengenal Meditasi Mindfulness, Teknik Relaksasi untuk Tidur Berkualitas

| 14 Mar 2024 14:50
Mengenal Meditasi Mindfulness, Teknik Relaksasi untuk Tidur Berkualitas
Teknik meditasi untuk tidur cepat dan berkualitas (Pexel/Miriam Alonso)

ERA.id - Waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari yang baik. Meski demikian, tak jarang orang sulit untuk tidur dengan berkualitas karena masalah stres dan pikiran menumpuk.

Namun, tak perlu khawatir karena ternyata terdapat cara untuk meningkatkan kualitas dan waktu tidur, yakni minfulness meditation.

Dilansir dari Healthline, ini merupakan teknik meditasi yang bisa membuat tubuh rileks, sehingga akan tidur lebih cepat dan berkualitas.

Meditasi mindfulness memberikan ruang untuk dapat meresapi segala emosi yang sedang dialami, tanpa menghakimi diri sendiri sehingga tubuh akan rileks. Teknik ini membutuhkan fokus yang penuh terhadap kesadaran dan pernapasan.

Cara meditasi mindfulness

Untuk melakukan meditasi mindfulness ini, penting menyingkirkan segala bentuk distraksi atau gangguan, salah satunya ponsel. Letakkan ponsel jauh dari jangkauan, sehingga bisa fokus untuk meditasi menuju tidur.

Kemudian berbaringlah senyaman mungkin di tempat tidur. Fokuslah pada pernapasan, dengan menarik napas, menahannya, kemudian membuang napas dalam 10 hitungan.

Ulangi langkah tersebut hingga lima kali dengan tetap fokus tanpa memikirkan hal lainnya. Lemaskan juga bagian tubuh yang masih terasa tegang, sehingga kondisi tubuh tidak terbebani dan semakin rileks.

Jika proses meditasi terganggu dengan berbagai hal yang dipikirkan, kembalikan fokus secara perlahan pada pernapasan. Dengan melakukan teknik meditasi ini, proses tidur akan lebih cepat dan berkualitas karena hanya konsentrasi pada pernapasan, bukan hal berat lainnya.

Rekomendasi