3 Tips Terapkan Pola Makan Sehat Selama Ramadan

| 15 Mar 2024 18:30
3 Tips Terapkan Pola Makan Sehat Selama Ramadan
Terapkan pola makan sehat saat puasa Ramadan (Pexel/Jack Sparrow)

ERA.id - Menerapkan pola makan sehat selama Ramadan sangat penting agar nutrisi untuk tubuh tetap tercukupi.

Namun, menerapkan pola makan sehat memang tidak gampang dan harus memiliki keteguhan untuk tetap konsisten.

Dilansir dari Y2OIndia, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap menerapkan pola makan sehat saat puasa di bulan Ramadan. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Rencanakan makanan seimbang

Buatlah perencanaan makanan seimbang setiap berbuka puasa dan sahur. Pastikan menyertakan makanan kaya nutrisi setiap makan, seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak atau lemak sehat.

Makanan-makanan tersebut memberikan nutrisi lengkap pada tubuh dan juga energi penting yang membuat rasa kenyang terjaga sepanjang hari.

2. Makan dengan penuh kesadaran

Setiap makan, luangkan waktu untuk mengunyah makanan secara perlahan dan nikmati setiap gigitannya. Perhatikan sinyal lapar dan kenyang pada tubuh.

Jika sudah merasa kenyang, berhentilah makan, jangan memaksa untuk terus makan untuk dalih mengisi energi berpuasa. Menerapkan hal ini akan membuat tubuh tetap sehat dan tidak mengalami gangguan pencernaan.

3. Tetap terhidrasi

Pada pola makan yang sehat, minum air yang cukup sangat penting dilakukan. Minumlah air dengan cukup saat buka puasa dan sahur, agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

Minum air sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan kandungan cairan yang dikonsumsi dengan cukup.

Rekomendasi