Apa Itu Ferienjob dan Kenapa Banyak Diikuti Mahasiswa Indonesia di Jerman?

| 29 Mar 2024 00:30
Apa Itu Ferienjob dan Kenapa Banyak Diikuti Mahasiswa Indonesia di Jerman?
Apa itu ferienjob (unsplash)

ERA.id - Bagi para mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman bekerja di luar negeri, khususnya Jerman, Ferienjob mungkin menjadi program yang menarik untuk dicoba. Lantas apa itu ferienjob?

Ferienjob menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan, mempelajari budaya Jerman, dan meningkatkan kemampuan bahasa Jerman mereka.

Apa itu Ferienjob?

Ferienjob, yang dalam bahasa Indonesia berarti "pekerjaan liburan", merupakan program kerja paruh waktu yang dirancang khusus untuk mahasiswa selama masa liburan semester.

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri, ferienjob adalah program kerja yang didesain khusus bagi mahasiswa untuk mengisi liburan semester resmi (official semester break) di Jerman.

Ferienjob diatur dalam Pasal 14 ayat (2) Ordonansi Ketenagakerjaan Jerman (Beschäftigungsverordnung / BeschV). Di Indonesia, libur semester resmi umumnya terjadi di pertengahan tahun.

Manfaat mengikuti program ferienjob

Sebenarnya ferienjob adalah program untuk membantu perusahaan Jerman mengatasi kekurangan tenaga kerja fisik selama periode tertentu.

Selain itu, ferienjob juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau freelance selama liburan.Meskipun demikian, untuk mengikuti program ini dibutuhkan pengalaman budaya dan pengembangan keterampilan bahasa.

Dengan demikian, bagi para mahasiswa dibutuhkan kesiapan untuk bekerja di Jerman. Hal tersebut lantaran Jerman memiliki etos kerja yang baik, disiplin, dan mengharuskan pekerjanya mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selain itu, kemampuan berbahasa Jerman yang baik juga dapat mempermudah komunikasi dan memaksimalkan pengalaman kerja. Selain itu, kemampuan bahasa yang baik memberikan keuntungan dan membantu menghindari permasalahan selama bekerja.

Jenis pekerjaan yang tersedia dalam program Ferienjob

Jenis pekerjaan pada program Ferienjob adalah jenis pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga fisik, seperti mengangkat kardus logistik, membungkus barang untuk pengiriman, mencuci piring di restoran, atau menangani bagasi di bandara (porter).

Kemudian menurut peraturan di Jerman, masa kerja Ferienjob dibatasi maksimal 90 hari dalam kurun waktu dua belas bulan selama liburan semester resmi di negara asal, dan tidak bisa diperpanjang.

Meskipun melakukan pekerjaan sampingan di Jerman terlihat menjanjikan, namun penting untuk melakukan riset mendalam tentang program Ferienjob dan pilihlah agen terpercaya.

Jenis pekerjaan yang tersedia dalam program Ferienjob (unsplash)

Selain itu, bagi para mahasiswa juga harus mempelajari budaya dan etika kerja di Jerman untuk mempersiapkan diri dengan baik. Asah juga kemampuan bahasa Jerman agar komunikasi di tempat kerja lancar.

Dengan persiapan yang matang, program Ferienjob dapat menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan, mengembangkan diri, dan mempelajari budaya baru di Jerman.

Meskipun demikian, pemerintah telah melakukan imbauan kepada para mahasiswa yang hendak mengikuti program Ferienjob.

Dalam Surat No. 1032/E.E2/DT.00.05/2023 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia diimbau untuk menghentikan keikutsertaan dalam Ferienjob.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyatakan bahwa terdapat indikasi pelanggaran terhadap mahasiswa yang terlibat dalam Ferienjob, dan kegiatan tersebut tidak mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

Sebaliknya, banyak pelanggaran terhadap hak-hak mahasiswa yang ditemukan. Ferienjob juga tidak memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai aktivitas MBKM.

Selain apa itu ferienjob, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi