Contoh Red Flag dalam Hubungan dan Hal-hal yang Harus Dilakukan

| 31 Mar 2024 03:03
Contoh Red Flag dalam Hubungan dan Hal-hal yang Harus Dilakukan
Ilustrasi contoh red flag dalam hubungan. (Foto: Pexels/Timor Weber)

ERA.id - Istilah red flag menjadi suatu hal yang diperbincangkan di media sosial. Adapun topik yang sering dibahas antara lain red flag dalam hubungan, suatu perilaku yang tidak menyenangkan yang terjadi pada seseorang. Red flag atau bendera merah menjadi pertanda bagi seseorang yang terikat dalam sebuah hubungan bahwa dirinya ada pada titik bahaya. Demi kebaikan di masa depan, sebaiknya seseorang berpikir terlebih dahulu saat mengalami hal-hal yang termasuk red flag. Lantas apa saja red flag dalam hubungan? Simak penjelasan di bawah ini.

Contoh Red Flag dalam Hubungan

Mengutip dari laman fisipol.ugm.ac.id, red flag menjadi sebuah tanda peringatan bahwa ada yang memang harus ditinjau atau divalidasi. Red flag ini bisa berupa gambaran intuitif atau perasaan yang membuat seseorang agar terhindar dari disfungsional di masa yang akan datang.

Di bawah ini adalah contoh red flag dalam hubungan yang bisa dijadikan parameter bagi setiap pasangan.

Ilustrasi (Foto: Freepik/freepik)

Memegang kontrol terhadap pasangan

Mengontrol pasangan sama saja dengan mengatur dan mengendalikan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Hal ini sama saja tidak membebaskan seseorang melakukan keinginannya. Padahal seseorang memiliki hak dan kebebasan melakukan apapun yang diinginkannya. Contoh red flag dalam hubungan ini adalah salah satu yang harus dihindari.

Tidak memahami batasan

Semua orang tentunya mempunyai batasan yang berbeda-beda. Ketika pasangan tidak menghargai batasan yang sudah ditetapkan dan diyakini, maka hal tersebut tidak bisa dibenarkan. Dengan kata lain, ia tidak menghargai keputusan yang ditentukan oleh pasangannya.

Sering membicarakan mantan

Masa lalu memang hal yang biasa dibicarakan. Namun jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus, tentu akan menjadikan seseorang merasa tidak dihargai dalam hubungan tersebut. Hal ini bisa menjadi pemicu perselisihan yang tidak ada ujungnya.

Memanfaatkan dengan cara memeras

Jika seseorang kerap kali meminta hal yang tidak penting hanya untuk kesenangan pribadi, bahkan selalu  meminta dibayari untuk hal apapun hingga menguras uang dari rekening. Hal tersebut juga bisa dikatakan memanfaatkan dalam sebuah hubungan. Salah satu orang dalam hubungan tersebut tentu akan merasa rugi karena perlakuan tersebut.

Gaslighting

Gaslighting merupakan bentuk manipulasi emosional yang dilakukan seseorang kepada orang lain. Sehingga hal tersebut membuat orang lain ragu terhadap dirinya sendiri. Hal tersebut berdampak terhadap hilangnya keyakinan dan kepercayaan diri dalam seseorang.

Cemburu yang melebihi batas

Cemburu memang menjadi ekspresi normal yang ditunjukkan untuk ketidaksukaan akan hal tertentu. Namun jika cemburu ini menjadi pemicu emosi yang tidak terkontrol, sebagai contoh marah di depan umum, melakukan kekerasan fisik, dan berkata kasar misalnya menghina, maka hal tersebut dapat dinilai sebagai red flag yang patut diwaspadai.

Bagaimana Cara Bersikap dan Menghadapinya?

  • Jaga jarak dengan pasangan. Hal yang terbaik yaitu jaga jarak terlebih dahulu sampai segalanya terkendali mulai dari mental dan fisik. Jika seseorang banyak memperlihatkan contoh red flag dalam hubungan, sebaiknya jaga jarak aman agar hal yang sama tidak terjadi kembali.
  • Jangan pendam rasa tidak suka. Jika Anda tidak menyukai salah satu sifat pasangan, Anda bisa mengomunikasikannya terlebih dahulu agar bisa mencari solusi bersama.
  • Tentukan sikap tegas. Ketika red flag sudah terlihat pada pasangan, Anda disarankan untuk bersikap tegas dengan menghindarinya. Hal ini agar Anda bisa melindungi diri sendiri dari kekecewaan.
  • Konsultasi Psikolog. Jika sikap pasangan sudah menganggu kesehatan mental Anda, membuat kehidupan Anda kacau, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada psikolog segala masalah yang menimpa selama ini.

Demikianlah ulasan tentang contoh red flag dalam hubungan serta cara untuk menentukan sikap dan apa yang harus dilakukan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi