7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Meninggalkan Rumah untuk Mudik Lebaran

| 01 Apr 2024 17:40
7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Meninggalkan Rumah untuk Mudik Lebaran
Persiapan sebelum mudik lebaran (Pexels)

ERA.id - Mudik atau pulang kampung halaman menjadi salah satu tradisi dilakukan umat Muslim di Indonesia.

Para pemudik disarankan merencanakan perjalanan mudik dengan baik agar bisa berkendara secara aman dan nyaman menuju ke kampung halaman.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran. Berikut 7 hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah, seperti dilansir dari laman Amateur Traveler.

1. Merapikan rumah

Merapikan rumah memang terdengar sedikit membosankan. Tetapi, sedikit merapikannya akan membuahkan hasil saat kamu kembali dari perjalanan mudik. Dengan menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum keluar, kamu tidak perlu terus memikirkan untuk mengerjakannya setelah kembali ke rumah.

Selain itu, kamu bisa mencentang apa saja sudah dilakukan dari list pekerjaan rumah. Misalnya, kamu sudah membersihkan permukaan debu, menyedot debu karpet, membersihkan sudut-sudut, dan membuang sampah. 

Selain itu, siram tempat pembuangan sampah dan wastafel dengan larutan cuka dan air. Tak hanya itu, tuangkan sedikit klorin ke dalam mangkuk toilet untuk menghindari penumpukan bakteri.

2. Menunda kiriman paket

Tumpukan kiriman paket yang tergeletak di luar pintu merupakan indikator jelas adanya rumah kosong. Hal ini tentunya menarik perhatian pencuri atau perampok. 

Kamu bisa meminta penjual agar mengirimkan paket setelah kamu sudah sampai rumah. Jika kamu memiliki tetangga yang dipercaya, kamu bisa meminta mereka untuk mengamankan paket hingga kamu tiba di rumah. 

3. Matikan kulkas

Kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang menghabiskan banyak energi. Jadi kamu harus mematikannya jika melakukan mudik selama satu pekan hingga sebulan. Demi menjaga kulkas, kamu bisa segera membuang semua makanan yang sudah mulai bau. 

Cabut steker kulkas dan bersihkan bagian dalamnya dengan soda kue yang dicampur air. Kamu juga bisa membiarkan sebungkus soda kue terbuka di dalam lemari es untuk menyerap bau dan mencegah tumbuhnya jamur dan lumut. Alternatifnya, jika kamu akan kembali dalam beberapa hari, biarkan kulkas tetap menyala agar makanan tetap enak. 

4. Hemat listrik

Peralatan listrik lainnya berpotensi untuk menghabiskan listrik apabila tidak digunakan. Maka dari itu, kamu bisa mencabut semua peralatan di rumah. Jangan lupa cabut kabel peralatan dapur seperti pembuat kopi atau microwave. Selanjutnya, kamu harus matikan AC. 

5. Matikan air 

Wastafel, mesin cuci, dan mesin pencuci piring tidak membutuhkan air saat kamu keluar rumah. Jangan sampai kamu mengeluarkan biaya untuk perbaikan air. 

Meskipun saat ini  tidak mengalami kebocoran, jangan biarkan apa pun terjadi secara kebetulan. Jika kamu tidak ingin kembali ke rumah yang terendam banjir, ingatlah untuk mematikan pasokan air utama sebelum berangkat mudik.

6. Jadwalkan lampu

Mematikan semua lampu sepertinya bisa menjadi solusi ideal saat akan pergi berlibur panjang. Dengan melakukan ini, kamu hanya akan mempermudah pekerjaan pencuri.

Investasikan pada pengatur waktu dan atur sedemikian rupa sehingga lampu di rumah menyala dan mati pada waktu berbeda-beda. Paling tidak yang dapat dilakukan adalah memasang lampu luar ruangan dengan sensor gerak. Hal ini berfungsi sangat baik dalam menghalangi pencuri.

7. Pastikan keamanan rumah

Selain menjadwalkan lampu dan memastikan mengunci semua pintu dan jendela dengan benar, lakukan tindakan keamanan tambahan untuk menghindari masalah saat mudik.

Kunci barang-barang berharga di brankas, dan pastikan alarm asap dan pencuri berfungsi dan disetel dengan benar. 

Ide yang bagus adalah menghubungi perwakilan perusahaan listrik, memberi tahu mereka bahwa kamu akan pergi untuk waktu yang lama. Jika kamu memiliki garasi, parkirkan mobil di dalam dan kunci. Jika parkir di bandara, buatlah reservasi terlebih dahulu. Beri tahu tetangga bahwa kamu akan pergi, dan berikan nomor telepon agar mereka dapat menghubungimu.

Rekomendasi