Melekat dengan Karya Joko Pinurbo, Radity Dika: Puisimu Abadi

| 27 Apr 2024 20:15
Melekat dengan Karya Joko Pinurbo, Radity Dika: Puisimu Abadi
Raditya Dika kenang Joko Pinurbo (instagram/raditya_dika)

ERA.id - Kabar meninggalnya Joko Pinurbo ini meninggalkan duka bagi publik, termasuk Raditya Dika. Lewat unggahan Instagram-nya, Raditya Dika membagikan foto sang mendiang.

Raditya Dika mengatakan bahwa Joko Pinurbo merupakan salah satu penyair favoritnya. Ia juga sempat menceritakan tentang Joko Pinurbo kepada sang istri, Anissa Azizah.

“Mengenang Pak @jokpin.jogja. Dua tahun lalu, waktu lagi berdua di sofa sama istri, obrolan kami jadi mengarah soal puisi. Saya cerita, Pak Joko Pinurbo adalah salah satu penyair favorit saya karena kata-katanya yang lincah dan sederhana tapi sarat makna,” tulis Raditya Dika.

Raditya Dika juga membacakan puisi karya Joko Pinurbo untuk sang istri, yang berjudul “Doa Seorang Pesolek”. Ia juga sempat meminta izin kepada Joko Pinurbo untuk membagikan puisi tersebut ke media sosialnya kala itu. 

“Saya bacakan salah satu puisi beliau ke istri, Doa Seorang Pesolek, dan kami berdua berdiskusi lama tentang makna di balik puisi tersebut. Tentang puisi ini sejatinya mengingatkan kematian. Tentang segala yang indah pada saatnya nanti, akan pudar. Puisi yang indah sekali. Lalu, saya ingin bagikan ke story, minta izin ke beliau dan dikasih,” tambahnya.

Untuk mengenang kepergian Joko Pinurbo, Raditya Dika pun membagikan kembali puisi tersebut di unggahan yang sama. Ia berterima kasih atas dedikasi Joko Pinurbo selama hidupnya merilis karya-karya luar biasa. 

“Hari ini saya bagikan kembali. Selamat beristirahat, Pak. Terimakasih atas rangkaian kata yang membuat hati menari. Puisi-puisimu abadi,” pungkas Raditya Dika. 

Sebagai informasi, Joko Pinurbo merupakan salah satu penyair ternama di Indonesia. Ia sudah meraih banyak penghargaan selama berkarier, salah satunya South East Asian Write Award pada 2014 lalu.

Penyair Joko Pinurbo meninggal dunia di usia 61 tahun, pada Sabtu (27/4/2024). Dilansir dari Antara, penyair dengan nama panggilan Jokpin ini meninggal dunia di Rumah Sakit Panti Rapi, Yogyakarta, dan akan dimakamkan esok hari, Minggu, 28 April.

Rekomendasi