Profil Joko Pinurbo, Penyair 'Nyentrik' Kaleng Khong Guan yang Meninggal Dunia

| 27 Apr 2024 11:00
Profil Joko Pinurbo, Penyair 'Nyentrik' Kaleng Khong Guan yang Meninggal Dunia
Joko Pinurbo (Antara)

ERA.id - Penyiar Joko Pinurbo dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (17/4/2024). Semasa hidupnya, Joko Pinurbo dikenal sebagai penyiar romantis dengan gayanya sendiri. 

Lahir di Sukabumi pada 11 Mei 1962, pria yang akrab disapa Jokpin ini dikenal sebagai penyiar dengan gaya romantis, satir, serta humor khasnya. 

Kecintaan Jokpin akan dunia sastra dan puisi sudah muncul sejak dia duduk di bangku sekolah menengah utama. Sejak saat itu Jokpin terus menulis karya dan mengukir banyak prestasi. 

Karya-karyanya bahkan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, mulai dari Inggris, Jerman, Rusia, Mandarin, dan masih banyak lagi.  Bukan hanya itu saja, sejumlah puisinya juga dimusikalisasi oleh Ananda Sukarlan dan Oppie Andaresta.  

Terkait ide dalam menulis syair-syairnya, Jokpin sempat mengatakan bahwa ia mengacu pada peristiwa sehari-hari yang dikemas dengan unik. Selain itu, dia juga turut memasukkan unsur-unsur religi dan persoalan agama ke dalam karya-karyanya.  

Sejumlah karya yang melekat pada dirinya diantaranya Celana, Telepon Genggam, Tahilalat, Bulu Matamu: Padang Ilalang, Perjamuan Khong Guan, Sepotong Hati di Angkringan, dan masih banyak lagi.  

Jokpin yang merupakan lulusan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Sanata Dharma Yogyakarta Santa Dharma Yogyakarta itu juga mendulang prestasi dengan berbagai penghargaan. Sejumlah penghargaan yang dia raih antara lain Penghargaan Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta (2001), Hadiah Sastra Lontar (2001), Tokoh Sastra Pilihan Tempo (2001), Penghargaan Sastra Badan Bahasa Kemendikbud (2002).

Kemudian Kusala Sastra Khatulistiwa (2005), Tokoh Sastra Pilihan Tempo (2012), Penghargaan Sastra Badan Bahasa Kemendikbud (2014), South East Asian (SEA) Write Award (2014), Kusala Sastra Khatulistiwa (2015), dan Anugerah Kebudayaan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (2019).

Kini, sang penyiar Joko Pinurbo meninggal dunia di usia 62 tahun.

Rekomendasi