Ceritakan Pengalaman Jalani Operasi Kanker Sarkoma, Alice Norin: Alhamdulilah Tanpa Angkat Rahim

| 16 May 2024 19:30
Ceritakan Pengalaman Jalani Operasi Kanker Sarkoma, Alice Norin: Alhamdulilah Tanpa Angkat Rahim
Alice Norin (Instagram/@alicenorin)

ERA.id - Alice Norin menceritakan pengalamannya saat menjalani operasi pengangkatan kanker sarkoma di Singapura. Ia bersyukur lantaran operasi berjalan lancar dan tidak mengangkat rahimnya. Alice Norin mengaku kini kondisinya sudah membaik. 

Walau kondisinya sudah stabil, istri Alvin Yudhapatria ini tetap harus rutin ke rumah sakit. Ia hanya butuh cek rutin tiga bulan sekali di rumah sakit di Singapura. Selain itu, ia juga menjalani pola hidup yang lebih sehat.

"Alhamdulillah, sekarang, kan kemarin, ya udah balance, drama-drama yang kemarin, terus udah operasi, sekarang harus kayak cek 3 bulan gitu," kata Alice Norin, dikutip dari kanal YouTube Cumicumi.

"Alhamdulillah udah aman, Juni aku ke sana lagi. Iya (ke Singapura) karena memang harus dia yang megang, dokter yang sama yang operasi," tambahnya.

Mulanya, perempuan berusia 36 tahun ini sempat memeriksakan sakitnya ke beberapa dokter di Indonesia. Lalu, Alice menemui dokter yang membantu!6- melakukan persalinan anak kedua. Lalu, Alice kaget ketika dokter menyatakan dirinya mengidap kanker Sarkoma. 

"Jadi sebenarnya kan cancer. Terus sampai aku ngecek-ngecek kebetulan dokter yang emang vonis tuh, dokter yang emang nyelamatin aku ngelahirin anak kedua kan," imbuhnya. 

Dokter itu meminta bintang film Ketika Cinta Bertasbih agar menjalani tindakan operasi. Ia mengambil pilihan kedua untuk melakukan operasi di Singapura.

"Terus akhirnya harus langsung operasi. Cuman aku mikir-mikir dulu. Karena kan kok cepat banget enggak ada dikasih waktu, kayak seminggu nggak. Kayak 3 hari untuk kayak langsung yuk," imbuhnya.

"Iya tapi akun kan belum siap, kaget langsung cepat banget. Akhirnya nyari second opinion-nya ke Singapura. Terus ya udah di sana memang ketahuannya emang harus di operasi," lanjutnya.

Alice Norin mengaku bersyukur karena dokter melakukan operasi tanpa mengangkat rahimnya. Sebab, dokter di Indonesia justru memberikan opsi pengangkatan masa kanker harus diikuti dengan pengangkatan rahimnya. 

"Alhamdulillah aman. Ternyata dokter yang di Singapura tuh bisa tanpa harus mengangkat rahimnya. Akhirnya aku tindakan disana,"

Setelah operasi pengangkatan masa kanker sarkoma, Alice Norin sempat merasa kesakitan saat datang bulan. Setelah kondisinya semakin sehat dan membaik, Alice Norin menjalani pola hidup yang jauh lebih sehat.

"Kemarin pendarahannya banyak pas haid keluarnya banyak dan agak sakit cuma memang seperti itu setelah operasi. Tapi memang aku jadi jarang sakit." imbuhnya.

Sebelumnya, Alice Norin menceritakan perjalanannya menjalani operasi di Singapura lewat Instagram pribadinya. Ia mengatakan kondisinya itu berawal saat ia sering merasakan sakit pada perut di bagian bawah.

Kanker sarkoma merupakan salah satu jenis kanker langka yang terdeteksi di otot rahim. Alice Norin didiagnosis menderita kanker sarkoma pada Desember 2023. Setelah menjalani pemeriksaan di salah satu rumah sakit di Indonesia, ia mengaku tak langsung menjalani operasi besar untuk pengangkatan miom dan organ reproduksinya termasuk rahim.

Setelah itu, Alice langsung menjalani USG di Singapura dan disarankan melakukan MRI serta PET scan untuk melihat lebih detail kondisi rahim, sehingga dapat diambil langkah tepat untuk tindakan.

Alice bercerita proses PET scan merupakan bagian paling menakutkan dalam perjalanan perawatan kanker sarkomanya. Namun, ia berusaha untuk menghadapinya dengan tegar.

Rekomendasi