Mengasah Kemampuan Basic Video Editing untuk Konten Kreator, Storytelling Jadi Kunci

| 27 May 2024 15:25
Mengasah Kemampuan Basic Video Editing untuk Konten Kreator, Storytelling Jadi Kunci
Muhammad Khaidar (Dok. Sinatif)

ERA.id - Konten kreator kini menjadi jenis pekerjaan yang diminati di tengah pesatnya perkembangan digital. Tentunya, konten kreator tak asing lagi dengan pekerjaan mengedit video. Tapi apa saja hal dasar yang perlu diketahui dalam pengeditan video untuk konten media sosial?

Podcast video editor dr Indrawan Nugroho, Muhammad Khaidar menjelaskan basic video editing yang perlu diketahui konten kreatior dalam acara "Mini Bootcamp: Video Creation" yang diselenggarakan Sinatif, dikutip Senin (27/5/2024). Menurutnya, Storytelling menjadi salah satu kunci penting dalam mengedit video untuk konten.

"Storytelling is key. Konten yang baik adalah tentang bagaimana cerita disampaikan, bukan hanya efek visual," kata Khaidar.

Khaidar melanjutkan lewat konsep storytelling, video editor juga perlu membuat simpel alur cerita. Alur video jangan dibuat terlalu dan harus fokus pada pesan utama.

"Detail kecil dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas video," katanya.

Selain itu, video editor juga tak boleh "alergi" terhadap perkembangan teknologi dan tren yang terus berkembang. Kemampuan beradaptasi ini akan membuat konten yang dihadirkan penuh dengan inovasi.

"Penting untuk selalu belajar dan beradaptasi," katanya.

Pengajar Creative Business School bersama Close the Door ini juga menekankan hal prinsipil soal cara berpikir video editor. Diantaranya harus audience centric.

"Selalu pikirkan audiens Anda, apa yang mereka inginkan dan butuhkan?" ujarnya.

Lewat storytelling, ia menambahkan video editor juga bisa mengarahkan audiens menuju pemecahan masalah. Lalu juga harus memiliki visi kreatif yang jelas.

"Dan berani bereksperimen dengan ide-ide baru," katanya.

Lebih lanjut, bila prinsip di atas sudah dikuasai, Khaidar melanjutkan, saatnya video editor juga menguasai sejumlah hal teknis dalam editing. Diantaranya memahami terminologi dasar seperti frame, cut, transition, timeline, resolution, aspect ratio dan lainnya. (ADV)

Rekomendasi