Doa untuk Jamaah Haji yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Begini Doanya

| 31 May 2024 12:04
Doa untuk Jamaah Haji yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Begini Doanya
Ilustrasi ibadah haji. (Unsplash/Khawaja Umer Farooq)

ERA.id - Salah satu amalan yang dianjurkan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah mendoakan orang yang berangkat haji. Amalan berupa doa untuk jamaah haji tersebut dipanjatkan dengan harapan agar ibadahnya berjalan lancar dan menjadi haji mabrur.

Menukil buku Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 3 karya Imam an-Nawawi yang diterjemahkan Misbah, disebutkan ganjaran untuk haji yang mabrur yaitu surga. Hal ini berdasarkan riwayat Abu Hurairah RA yang mengutip sabda Rasulullah SAW,

"Satu umrah sampai umrah berikutnya adalah merupakan kaffarah (pelebur) dosa-dosa yang terjadi di antara kedua umrah itu. Dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga." (Muttafaq 'alaih)

Untuk menjalankan ibadah haji, kita tentunya akan menempuh perjalanan jauh. Selain itu, rangkaian ibadah haji juga harus dilakukan dengan kondisi fisik yang kuat.

Keluarga dan kerabat jemaah haji dianjurkan dengan memanjatkan doa kepada orang yang berangkat haji agar diberikan kelancaran dalam setiap rangkaian ibadah dan bisa kembali ke kampung halaman sebagai haji yang mabrur.

Rasulullah SAW juga menganjurkan kita untuk memanjatkan doa bagi orang yang berangkat haji. Di bawah ini adalah doa yang dapat dibaca saat ada seseorang yang akan berangkat haji.

Ilustrasi haji (foto: Antara)

Doa untuk Jamaah Haji

Diriwayatkan, salah seorang sahabat menjelaskan dirinya kepada Nabi Muhammad SAW bahwa dirinya akan melakukan perjalanan jauh. Selanjutnya, Nabi SAW memanjatkan doa untuknya.

"Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, 'Wahai Rasul, aku hendak bepergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,' kata sahabat tersebut. 'Zawwadakallâhut taqwâ,' kata Rasulullah SAW.”

'Tambahkan lagi ya Rasul,' kata sahabat itu. 'Wa ghafara dzanbaka,' kata Rasulullah SAW.

'Tambahkan lagi ya Rasul,' kata sahabat itu. 'Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,' jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi menjelaskan bahwa kualitas hadits ini hasan'."

Mengutip Kitab Fiqih Sunnah Jilid 2 karya Sayyid Sabiq, di bawah ini adalah bacaan doa yang bisa dipanjatkan bagi orang yang akan berangkat haji.

Doa Versi 1

Zawwadakallaahut-taqwaa, wa ghafara dzan-baka, wa yassara lakal-khaira haitsu maa kunta

Artinya:  "Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada."

Doa Versi 2

Astaudi'ullaha diinaka wa amaanataka wa khawaatima 'amalik

Artinya: "Aku menitipkan agamamu, amalanmu dan akhir amal perbuatanmu kepada Allah."

Keutamaan yang Didapatkan dalam Ibadah Haji

Selain menerima ganjaran surga bagi orang yang menjalankan ibadah haji, masih ada banyak lagi keutamaan yang melaksanakan ibadah haji. Dalam bukunya yang berjudul Menuju Umrah dan Haji Mabrur, H. Syaiful Alim menjelaskan beberapa keutamaan ibadah haji, antara lain:

  • Dihitung sebagai Jihad

Ada sebuah riwayat bahwa Nabi SAW pernah menjelaskan ibadah haji itu seperti halnya berjihad di jalan Allah SWT. Aisyah RA pernah bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah perempuan wajib pergi jihad?" Beliau menjawab, "Ya, bagi perempuan ada kewajiban jihad yang tanpa peperangan, yaitu haji dan umrah." (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

  • Mempercepat Doa terkabul

Ka'bah terdapat tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa, salah satunya Multazam. Terdapat riwayat yang menjelaskan mengenai hal tersebut, diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW. Bersabda:

"Jemaah haji dan umrah adalah tamu Allah, jika mereka berdoa kepada-Nya maka Dia menjawab doa mereka dan jika mereka mohon ampunan kepada-Nya, maka Dia akan mengampuni mereka." (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

  • Menghapus Dosa

Ibadah haji disebut juga sebagai salah satu cara seorang muslim untuk menghapus dosa-dosanya. Hal ini seperti yang diriwayatkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA yang berbunyi,

"Barang siapa menunaikan ibadah haji semata-mata karena Allah, serta tidak berkata kotor dan tidak melakukan kefasikan maka ia akan kembali (dalam keadaan bersih dari segala dosa) seperti pada hari ia dilahirkan oleh ibunya." (HR Bukhari dan Muslim)

Demikianlah ulasan tentang doa untuk jamaah haji yang pernah diajarkan Rasulullah SAW. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi