Dilaporkan Mantan Istri Atas Dugaan Penggelapan Rp6,9 Miliar, Tiko dan BCL Pamer Naik Pesawat

| 04 Jun 2024 12:21
Dilaporkan Mantan Istri Atas Dugaan Penggelapan Rp6,9 Miliar, Tiko dan BCL Pamer Naik Pesawat
Tiko dan BCL naik pesawat (Instagram/@itsmebcl)

ERA.id - Tiko Aryawardhana, suami Bunga Citra Lestari alias BCL dipolisikan. Pengacara Arina Winarto, Leo Siregar mengungkapkan penggelapan terjadi sekitar tahun 2015 hingga 2021.

Saat itu, Tiko Aryawardhana dan Arina Winarto mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman.

Dari keterangan yang disampaikan Leo, kliennya dan Tiko mendirikan perusahaan bernama PT Arjuna Advaya Sanjaya (AAS) yang bergerak dibidang makanan dan minuman. 

"Awalnya klien kami dan Tiko memutuskan untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, di mana pada saat itu klien kami menjadi komisaris, sementara Tiko menjadi direktur, tapi untuk modal perusahaan seluruhnya dari klien kami," kata Leo Siregar dalam siaran pers, Selasa (4/6/2024).

Leo mengatakan selama perusahaan berjalan, mantan istri Tiko bersikap pasif dan tidak mencampuri pengelolaan bisnis. Tiko mempunyai kewajiban penuh untuk mengurus kegiatan usaha, termasuk keuangan. 

Selama ini, Arina tahu bisnis berjalan lancar. Namun, Tiko mendadak mengatakan usahanya ditutup lantaran tak sanggup bayar sewanya pada 2019 silam. 

"Klien kami selama ini tahunya usaha lancar, tapi kok tiba-tiba di 2019 Tiko bilang usaha mau tutup karena tidak kuat bayar sewa,” jelas Leo Siregar.

Pada 2021, Arina curiga adanya penggelapan uang yang mendapatkan dua dokumen berupa P&L (Profit and loss-res). Ketika membandingkan dua dokumen, Arina menemukan dugaan laporan sudah dimanipulasi. 

"Dari situ kemudian Klien kami melakukan audit investigasi melalui auditor independen dan didapatkanlah adanya temuan perihal penggunaan dana sebesar Rp 6,9 miliar yang tidak jelas peruntukannya," jelas Leo Siregar.

Arina melihat tak ada itikad baik dari Tiko untuk memberikan penjelasan dan memilih kabur dari masalah. Maka dari itu, Arina melaporkan dugaan penggelapan Rp6,9 miliar ke Polres Metro Jakarta Selatan pasa 2022. Status laporan baru naik menjadi penyidikan pada 26 Maret 2024.

"Kewenangan tanpa pengawasan ini yang kemudian kami duga menjadi celah bagi terlapor untuk melakukan perbuatan-perbuatan dengan itikad yang tidak baik, hingga akhirnya mengakibatkan kerugian bagi perusahaan,” katanya.

Terkait laporan Arina, BCL dan Tiko belum buka suara. Mantan istri Ashraf Sinclair ini memilih pergi naik pesawat bareng Tiko ditengah hebohnya kasus tersebut. Hal ini diketahui dari unggahan Instagram stories BCL.

"Mau kemana ya," tulis BCL. Akan tetapi, tak diketahui lokasi yang akan dikunjungi BCL dan Tiko.

Rekomendasi