Ponselnya Diretas Hingga Dipakai Open BO, Selebgram Tiara Autellie Laporkan Teman Prianya ke Polisi

| 13 Jun 2024 21:00
Ponselnya Diretas Hingga Dipakai Open BO, Selebgram Tiara Autellie Laporkan Teman Prianya ke Polisi
Tiara Aurellie atau Tiara Lilith, ponsel diretas (Era.id/Sachril)

ERA.id - Seorang Selebgram dan juga model, Tiara Aurellie atau Tiara Lilith Calista melaporkan teman prianya, PS ke Polda Metro Jaya. Tiara melapor karena mengaku handphonenya dibawa kabur hingga digunakan untuk melakukan open BO.

Laporan itu teregister dengan nomor LP/B/3270/V1/2024/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 12 Juni 2024. Tiara melaporkan PS atas dugaan pelanggaran Pasal 30 juncto Pasal 46 dan/atau Pasal 32 juncto Pasal 48 UU Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Kita melaporkan dugaan tindak pidana undang-undang ITE ilegal akses dan tindak pidana prostitusi online terhadap terlapor dengan inisial PS. Di sini sudah terlalu banyak korban dari berbagai macam, termasuk influencer, selebritis, selebgram dan lain-lain. Klien kita inisial T melaporkan bahwa sudah menjadi salah satu korban tersebut,” kata kuasa hukum Tiara, Prabowo Febrianto di Polda Metro Jaya, Jakarta dikutip Kamis (13/6/2024).

Prabowo menjelaskan Tiara kenal dengan PS usai dikenalkan oleh rekannya. Hubungan keduanya berlanjut hingga akhirnya terlapor meminjam ponsel kliennya selama lima hari. Saat itulah diduga terlapor melakukan peretasan terhadap ponsel korban.

PS meminjam sejumlah uang dengan mengatasnamakan Tiara menggunakan handphone tersebut. Selain itu, PS juga meretas ponsel selebgram tersebut dan mengambil data pribadinya, lalu menguras rekeningnya.

Tiara mengalami kerugian puluhan juta akibat kejadian ini.

Hasil penelusuran, terduga pelaku juga menggunakan handphone korban untuk praktik open BO. Setelah ditelisik, PS ternyata sebelumnya telah menipu wanita lain dengan korban 5-10 orang.

"Maksudnya open BO di sini dia adalah memesan teman-teman atau yang ada di kontak dia untuk bersetubuh dengan terlapor, dan itu sudah dilakukan sampai dia bersetubuh. Itu telah terjadi dan korban ini dari hasil dia check-in sama terlapor tadi, menagih uangnya sama klien kita, padahal klien kita di sini tidak tahu apa-apa dan tidak tahu sama sekali," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tiara menjelaskan PS mengaku sebagai pengusaha ketika berkenalan. Korban dijanjikan oleh PS akan diberikan sejumlah barang mulai dari iPhone hingga rumah.

Selebgram ini percaya kepada pelaku karena dikenalkan oleh rekannya.

"Dulu dia mengaku sebagai pengusaha dan dia mau janjiin iphone baru, rumah apa segala macem tapi ternyata setelah saya viralin ternyata background-nya itu sebagai sales property," kata Tiara.

Dia pun berharap polisi segera menangkap PS dan menjebloskannya ke penjara.

Rekomendasi