Agensi Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO Bakal Gugat Balik SM Entertainment

| 14 Jun 2024 17:16
Agensi Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO Bakal Gugat Balik SM Entertainment
Chen, Baekhyun, Xiumin (dok. SM Entertainment)

ERA.id - Agensi yang kini menaungi EXO CBX, yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin, INB100 akan menggugat balik SM Entertainment, pada Jumat (14/6/2024). Hal ini disampaikan INB100 setelah SM Entertainment melayangkan gugatan pada Chen, Baekhyun, dan Xiumin sehari sebelumnya. 

INB100 mengatakan akan menggugat terkait keuntungan dari kegiatan Chen, Baekhyun, dan Xiumin yang tidak adil pembagiannya. Mereka juga menegaskan meminta rincian mengenai distribusi keuntungan lewat hukum. 

“Mengenai pembagian keuntungan yang selama ini kami ragukan, kami akan mengajukan gugatan terhadap SM Entertainment atas pembagian keuntungan. Melalui gugatan ini kami akan menegaskan hak kami yang adil dengan menerima data akuntansi dan distribusi keuntungan sebagaimana ditentukan oleh hukum dan kontrak eksklusif kami,” pernyataan INB100 dilansir dari Soompi.

“Kami juga akan mengungkap kepada pengadilan bahwa sistem distribusi SM salah,” tambahnya.

Melalui pernyataan ini, INB100 mewakili Chen, Baekhyun, dan Xiumin meminta maaf kepada penggemar atas kejadian ini. Mereka juga berjanji akan terus memberikan yang terbaik ke depannya.

“Kami merasa menyesal karena membuat kalian merasa cemas dan kecewa masalah yang sama seperti tahun lalu. Kami berjanji akan tetap menjadi Chem, Baekhyun, dan Xiumin yang selamanya bisa bersam kalian melalui kenangan berharga yang kami buat bersama kalian semua,” kata mereka.

Sebagai informasi, permasalahan SM Entertainment dan EXO CBX ini kembali muncul setelah INB100 mengadakan konferensi pers awal pekan ini. Konferensi pers dilakukan untuk membahas SM Entertainment yang disebut meminta pendapatan atas pekerjaan individu mereka yang tidak sesuai kesepakatan. Hal ini dinilai pelanggaran, terlebih CBX sudah tidak di bawah naungan SM Entertainment untuk kegiatan individu mereka. 

SM Entertainment disebut meminta komisi 10 persen, padahal pada kesepakatan bersama Juni 2023 lalu hanya 5,5 persen. CBX dan INB100 sudah meminta kejelasan SM Entertainment terkait hal ini, tetapi tidak digubris hingga dua bulan dan membuat konferensi pers pun dilakukan. 

Sementara itu, SM Entertainment sudah membantah semua tuduhan INB100 dan EXO CBX tersebut dan menegaskan bahwa pembagian royalti 10 persen sudah disepakati selama perselisihan kontrak tahun lalu. Untuk itu, SM Entertainment akhirnya mengajukan gugatan terhadap Chen, Baekhyun, dan Xiumin ke pengadilan pada Kamis (13/6/2024).

Rekomendasi