Reza Rahadian Bicara soal Pelestarian Kebudayaan: Efeknya Besar Sekali untuk Kemajuan Bangsa

| 21 Jun 2024 20:25
Reza Rahadian Bicara soal Pelestarian Kebudayaan: Efeknya Besar Sekali untuk Kemajuan Bangsa
Reza Rahadian (Instagram / @officialpilarez)

ERA.id - Mantan Ketua Festival Film Indonesia atau FFI sekaligus aktor Reza Rahadian berharap agar Indonesia segera membentuk Kementerian Kebudayaan. Baginya, pembentukan ini harus adanya kerja sama antara Pemerintah dan pelaku kebudayaan.

Pelaku kebudayaan adalah orang yang berperan dalam menciptakan atau mempertahankan sebuah budaya. Ini termasuk orang yang membuat karya seni, penulis, pencipta musik, pembuat tradisi, pemikir, dan orang yang berkontribusi pada perubahan sosial.

"Ini perlu ruang diskusi dengan pesama pelaku dan pemerintah yang memang betul-betul memiliki kepedulian terhadap apa sih pentingnya kebudayaan," ujar Reza Rahardian, saat ditemui di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan pada Jumat (21/6/2024).

"Mengapa kebudayaan itu penting? saya selalu melihat bahwa kebudayaan itu soft power yang sangat kuat sebagai alat diplomasi kemajuan sebuah bangsa," tambahnya. 

Lewat kebudayaan, bintang film Habibie & Ainun itu mengatakan seseorang bisa dilihat karakternya berdasarkan kebudayaan. Menurutnya, Indonesia bisa menjadi negara maju asalkan masyarakatnya bisa melestarikan kebudayaan tersebut.

"Bagaimana potret dari refleksi dan realita yang ada di masyarakat melalui sebuah film musik atau teater dan lain-lain itu semua adalah produk kebudayaan.  Manusianya juga adalah aset kebudayaan itu sendiri, karena bisa melestarikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya," katanya.

"Jadi saya sangat berharap bahwa mudah-mudahan jalan kebudayaan ini menjadi salah satu momentum yang kita bisa lakukan," lanjutnya.

Tak hanya aktor berusia 37 tahun ini saja, rupanya banyak rekan-rekan sesama seniman yang berharap agar dibentuknya Kementrian Kebudayaan di Indonesia.

"Dan banyak teman-teman seniman yang  berharap kementerian kebudayaan di Indonesia, kita punya sendiri. Punya kementerian kebudayaannya sendiri, ministry of culture. Jadi ini efek dominonya besar sekali terhadap kemajuan kebudayaan," tuturnya

"Apalagi Indonesia kita punya begitu banyak aset kebudayaan, kita punya begitu ragam budaya di Indonesia. Jadi mudah-mudahan saya sangat berharap di pemerintahan yang baru nanti mudah-mudahan kita bisa memiliki kementerian kebudayaan." lanjutnya.

Rekomendasi