Pernah Jadi Sandwich Generation, Ringgo Agus Berusaha agar Anak Tak Mengalami Hal Serupa

| 02 Jul 2024 21:45
Pernah Jadi Sandwich Generation, Ringgo Agus Berusaha agar Anak Tak Mengalami Hal Serupa
Ilustrasi Ringgo Agus Rahman (ERA.id / Yesica Sitinjak)

ERA.id - Ringgo Agus mengungkapkan, ia pernah menjadi sandwich generation, istilah saat ini untuk anak-anak yang menjadi tulang punggung keluarga.

Hal ini diungkapkan Ringgo saat temu media untuk membintangi film 1 Kakak 7 Ponakan, yang berfokus cerita tentang sandwich generation. 

“Gue iya (merasakan sandwich generation), tentunya ada. Justru jauh sebelum cerita ini terbentuk, kita banyak curhat-curhatan bagaimana keluarga gue, bagaimana keluarga Yandi, bagaimana keluarga teman-teman terdekat,” ungkap Ringgo Agus di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, pada Selasa (2/7/2024). 

Menurut Ringgo Agus Rahman menjadi sandwich generation merupakan peran yang lelah dan membingungkan ketika dijalani. Tidak ada yang bisa memberikan gambaran untuk menyikapi hal tersebut sebenarnya harus seperti apa. 

“Menjadi sandwich generation tuh istilahnya keren ya untuk zaman sekarang, tapi pas dijalani itu capek, bingung harusnya gimana. Tiba-tiba itu menjadi tanggung jawab kita, beban kita, bagaimana kita menjadi orang yang sedikit tidak terlalu peka, apakah itu menguntungkan. Terus bagaimana kita terlalu peka, apakah itu merugikan. Nggak ada yang bisa ngomong ini benar atau salah gitu,” jelasnya. 

Aktor berusia 41 tahun itu merasakan bahwa menjadi sandwich generation harus berusaha terlihat baik-baik saja di tengah keluarga. Dengan pengalamannya tersebut, Ringgo pun kini berharap dan berusaha agar anak-anaknya tidak menjadi sandwich generation di masa depan.

“Yang bisa dilakuin kita mencoba untuk supaya semuanya baik-baik saja, apalagi di tengah-tengah keluarga ya sebagai orang tua itu harus gimana, sebagai anak harus gimana. Jadi sedikit banyak sekarang pelajaran buat saya pribadi sebagai orang tua sebisa mungkin nggak merepotkan anak, bahkan kalau bisa tidak meminta apa-apa ya,” pungkas Ringgo Agus. 

Rekomendasi