4 Cara Cut Off Teman Toxic agar Hidup Lebih Tenang dan Damai

| 24 Jul 2024 15:15
4 Cara Cut Off Teman Toxic agar Hidup Lebih Tenang dan Damai
Ilustrasi cut off teman toxic (Freepik)

ERA.id - Apakah kamu merasa hubungan pertemanan yang dijalin sering menyakiti perasaanmu dan menambah masalah? Jika ya, maka kamu berada di hubungan pertemanan yang toxic.

Demi kebaikan diri sendiri, kamu harus bisa mengambil tindakan untuk memutus hubungan alias cut off si teman yang toxic itu. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan, dilansir dari Webmd. 

1. Hadapi mereka 

Jika kamu merasa teman tersebut tidak akan selalu buruk dan tidak tahu yang mereka lakukan menyakitimu, kamu bisa bersikap terbuka dahulu dengan mereka sebelum memutuskan mengakhiri hubungan. 

Namun, berhati-hatilah untuk tidak memikirkan tindakan mereka melainkan fokus pada perasaan kamu. Ini akan membantu kami untuk mempertahankan fokus pada semua perilaku toxic mereka yang mengancam persahabatan kamu.

2. Menjauhkan diri

Berikan waktu pada diri sendiri untuk melihat bagaimana hidup kamu berubah tanpa teman toxic tersebut di sekitarmu. Ini adalah langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghadapi perpisahan, terutama jika kamu pernah mencoba membicarakannya sebelumnya tetapi tidak berhasil. 

3. Terima apa pun yang dirasakan

Menghindari seseorang yang disayangi tidaklah mudah. Ini akan terasa tidak enak, tetapi penting untuk ketenangan pikiran Anda. 

Terima apa pun perasaan sedih dan kehilangan yang datang ketika memilih mengakhiri hubungan dengan teman yang toxic. Biarkan diri sendiri mengalami emosi-emosi ini sehingga bisa move on secara perlahan. 

4. Luangkan waktu

Meskipun rasa kesepian akan muncul, luangkan beberapa waktu berlalu begitu saja untuk kamu sembuh dan kembali ke diri normal. Jangan biarkan siapa pun memaksa kamu kembali ke situasi yang telah ditinggalkan.

Rekomendasi