8 Cara Menetapkan Batasan yang Sehat Setelah Pasangan Ketahuan Selingkuh

| 24 Jul 2024 16:20
8 Cara Menetapkan Batasan yang Sehat Setelah Pasangan Ketahuan Selingkuh
Ilustrasi pasangan selingkuh (Freepik)

ERA.id - Selingkuh dapat menghancurkan kepercayaan dan keamanan dari pasangan. Sehingga, seseorang berharap agar pasangan selalu memberikan batasan.

Supaya hubungan dapat setelah mendapatkan pengkhianatan, maka diperlukan memberikan batasan. 

Memberikan batasan setelah perselingkuhan berarti memulai dari awal, membangun fondasi yang lebih kuat, dan dengan hati-hati ketika berkomunikasi dengan lawan jenis. 

Keamanan, kepercayaan, dan koneksi yang dapat disediakan oleh batasan untuk suatu hubungan direnggut ketika pasangan berselingkuh. 

Oleh karena itu, tidak heran banyak yang memutuskan untuk meninggalkan pasangan mereka. Tetapi tergantung pada hubunganmu, kamu bisa saja dapat mengatasi pasangan yang selingkuh. 

Semua itu tergantung dari pilihanmu. Tetapi jika memutuskan untuk tetap bersama, ada hal-hal tertentu harus dilakukan pasangan dengan memberikan batas setelah berselingkuh. Hal ini juga bisa membangun hubungan yang sehat.

Berikut cara menetapkan batasan setelah pasangan selingkuh, seperti dilansir dari laman Simply Psychology. 

1. Putus kontak dengan selingkuhan 

Biasanya penting bagi pasangan yang berselingkuh untuk memutuskan semua kontak dengan selingkuhannya.

Itu termasuk semua komunikasi, baik bertemu langsung maupun online.

Jika mereka terlibat dalam pekerjaan yang sama, mungkin cukup rumit.

Kamu dapat meminta pasangan mencari pekerjaan baru di perusahaan yang berbeda dengan selingkuhan.

Sehingga, pasangan tak punya kesempatan untuk bertemu dengan selingkuhannya.

2. Jaga jarak

Kamu mungkin ingin meluangkan waktu untuk merefleksikan dan merenungkan solusi bagaimana menangani situasi.

Menjaga jarak berguna untuk melindungi kesejahteraan dan mempelajari hal-hal baru (misalnya, bagaimana menghadapi perselingkuhan). Itu bisa berarti pindah atau tinggal bersama teman atau anggota keluarga untuk sementara waktu.

3. Menjaga keintiman dengan pasangan

Keintiman fisik, emosional, dan intelektual secara langsung bisa hancur seketika oleh perselingkuhan. 

Sama seperti kepercayaan, mereka perlu dibangun kembali.

Kamu dapat menentukan tingkat keintiman yang rasa nyaman saat sedang melalui proses penyembuhan.

Jika kamu memilih untuk tidak tidur di tempat tidur yang sama, mintalah itu. Jika tidak ingin berhubungan intim dengan pasangan, nyatakan dengan tegas.

Jika kamu memilih untuk tidak berbagi perasaan dan pikiran dengan pasangan untuk sementara waktu, lakukan itu. Tujuannya adalah agar pasangan bisa kembali, tetapi kamu yang memutuskan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

4. Lakukan cara agar menunjukkan rasa peduli pasangan

Harga diri dan kepercayaan diri mungkin telah hilang akibat mengetahui pasangan telah selingkuh. Kamu bisa melakukan cara agar terlihat pasangan masih peduli dan masih menginginkanmu. Bagaimana pasangan bisa membuatmu merasa baik usai diselingkuhi.

5. Mengambil tanggung jawab

Jika pasangan selingkuh tidak bertanggung jawab atas tindakannya, maka hubungan tidak mungkin membaik. Bahkan, hubungan bisa saja tidak dapat berlanjut.

Oleh karena itu, batasan sangat penting dengan membuat pasangan berselingkuh untuk bertanggung jawab atas perbuatan kotornya.

6. Batasi penggunaan telepon

Ponsel milik pasanganmu mungkin menjadi sumber kecemasan. Pasti kamu bertanya-tanya dengan siapa pasangan berbicara. Lalu, aplikasi apa yang digunakan? Apakah masih menyimpan foto bersama selingkuhan? Oleh karena itu, kamu mungkin ingin:

* Minta pasangan menghapus semua hal yang berkaitan dengan selingkuhannya

* Memberikanmu detail login dan kata sandi media sosial.

* Kamu bisa melihat riwayat telepon pasangan. 

* Minta pasangan untuk tidak meninggalkan ruangan ketika menerima telepon.

Ini mungkin membantumu setelah pasangan ketahuan selingkuh. Akan tetapi, pengawasan semacam ini tidak boleh berlanjut jika pasangan sudah tidak lagi selingkuh. Kamu dapat mempercayai pasanganmu lagi tanpa kendali.

7.  Minta bantuan ahli

Mungkin penting bagimu untuk pergi ke ahli seperti psikolog pernikahan atau konselor. Lakukanlah sendiri atau pergi bersama pasangan.

"Menetapkan batasan setelah perselingkuhan mungkin memerlukan intervensi dengan pihak ketiga seperti terapis berlisensi karena mungkin sulit untuk memahami batas-batas yang sehat setelah kepercayaan dilanggar," ujar Terapis hubungan Jenna Nielsen.

8. Menjalin komunikasi lebih baik

Kamu mungkin ingin mengetahui semua yang perlu diketahui tentang perselingkuhan atau tak ingin mengetahui detail apa pun. Pikirkan tentang apa yang akan membuatmu merasa lebih baik dan kemudian beri tahu pasangan.

Apa yang menuntun ke sana? Mengapa mereka melakukannya? Apa yang mereka pikir itu akan dicapai? Apa yang hilang dari hubungan itu? Komunikasi dan transparansi yang jujur adalah kunci jika ingin semuanya berjalan dengan baik.

Rekomendasi