Deretan Logo Termahal di Dunia dengan Harga Miliaran, Salah Satunya Milik Pertamina

Tim Editor

Logo Pertamina. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Mereka yang meminta desain secara gratis ke kerabatnya, pasti akan kaget kalau tahu berapa harga desain dari logo Pertamina yang sekarang, berbentuk huruf P.

Selain logo Pertamina, ada 8 logo di dunia yang harganya hingga mencapai Rp1,4 triliun. Apa saja logo-logo itu?

1. Pertamina

Akhir tahun 2005, Pertamina mengganti logonya yang telah digunakan selama 35 tahun dalam bisnis perminyakan di Indonesia. Logo lama itu diganti dengan simbol baru berbentuk huruf P. Pergantian logo itu membuat Pertamina merogoh kocek sebesar USD 350.000 atau dengan kurs sekarang setara dengan Rp 5,1 miliar.

2. Logo Olimpiade London tahun 2012

London Summer Olympics 2012 adalah even multi-sport yang diselebrasikan di Olympic Games pada Juli sampai Agustus 2012. Logonya dirancang oleh sebuah perusahaan konsultan merek yang berbasis di London, yaitu Wolff Olins pada tahun 2007, dengan meminta bayaran USD 625.000 atau setara dengan Rp 9,1 miliar, dan akhirnya disetujui.

Caption

 

3. Logo Kota Melbourne

Melbourne merupakan ibu kota negara bagian Victoria di Australia. Logo ini dibuat pada tahun 2009 oleh Landor Associates dan ia dibayar USD 625.000 atau setara Rp 9,1 miliar

4. Pepsi

Siapa warga urban yang tak mengenal Pepsi? PepsiCo merupakan perusahaan minuman bersoda terbesar di dunia. Tahun 2008 mereka mendesain ulang logo dengan total biaya USD 1 juta atau setara dengan Rp 14,6 miliar.

5. BBC

British Broadcasting Corporation (BBC) adalah perusahaan penyiaran asal Britania Raya yang dibentuk pada tahun 1927. Mereka mendesain ulang logo pada tahun 1997, dengan total biaya USD 1,8 juta atau setara dengan Rp 26,3 miliar.

6. ANZ

Bank ANZ termasuk terbesar keempat di Australia, dan didirikan pada tahun 1835 dan sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Diberitakan, mereka menghabiskan biaya USD 15 juta atau setara dengan Rp 219 miliar untuk rebranding logo barunya.

7. Posten Norge

Posten Norge atau Norway Post adalah nama institusi layanan pos Norwegia yang berdiri sejak 1647. Dalam penggantian logo barunya, total biaya yang mereka keluarkan sebesar USD 55 juta atau saat ini setara dengan Rp 805 miliar.

8. Accenture

Accenture merupakan perusahaan konsultan manajemen global, servis teknologi, dan outsourcing yang berbasis di Irlandia. Sebanyak USD 100 juta atau kurang lebih setara dengan Rp 1,4 triliun mereka keluarkan untuk rebranding logo baru.

Tag: pertamina desainer indonesia

Bagikan: