Capai Puluhan Juta Secangkir, 5 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

| 19 Jun 2024 17:51
Capai Puluhan Juta Secangkir, 5 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia
Ilustrasi Kopi (Unsplash)

ERA.id - Salah satu jenis minuman paling populer di dunia dan disukai oleh berbagai kalangan yaitu kopi. Untuk jenis tertentu, kopi memiliki kemiripan dengan kaviar dan truffle. Bahkan, kopi seringkali diberi label atau harga yang begitu tinggi, bahkan mencapai nilai puluhan juta. Lantas apa saja jenis kopi termahal di dunia?

Ilustrasi kopi (Pixabay)

Di bawah ini merupakan 5 kopi termahal di dunia, dikutip dari The Manual:

Black Ivory (Senilai 1.500 dollar AS)

Kopi ini berasal dari Thailand utara dengan harga mencapai 1.500 dollar AS per pon (0,45 kilogram) atau senilai Rp21,5 juta. Meskipun demikian, proses pembuatannya terkesan tidak menggugah selera. Dalam prosesnya, biji kopi ini melewati saluran pencernaan gajah, dan pada proses tersebut, biji kopi tersebut diaktifkan oleh enzim tertentu yang menjadikan kacang sangat halus dan beraroma. Proses tersebut menghasilkan sangat sedikit biji utuh, sebab gajah memiliki kecenderungan untuk memecahnya. Namun, hasilnya menjadi barang istimewa dan menjadi kopi paling berharga di Bumi.

Kopi Luwak (Senilai 600 dollar AS)

Sesuai dengan namanya, dalam prosesnya, kopi ini melewati saluran pencernaan luwak. Luwak adalah jenis musang yang memiliki nama ilmiah Paradoxurus hermaphrodites. Selain menyesuaikan zat kimiawi yang  terkandung dalam perut luwak, hewan tersebut juga diyakini menyukai biji kopi pilihan atau hanya mengonsumsi yang terbaik dari kelompoknya. Harga Kopi Luwak dipatok 600 dollar AS atau senilai Rp8,6 juta per pon, menjadikannya sebagai kopi termahal kedua di dunia.

Finca El Injerto cofee (500 dollar AS)

Kopi yang berasal dari Guatemala ini mengandung manfaat karena adanya pengaturan ketinggian yang lebih dari 1.676 meter di atas permukaan laut. Jenis kopi ini berasal dari satu ladang kopi yang dicangkokkan dari bekas plot tebu. Lot mikro kopi ini kerapkali dilelang, sehingga menghasilkan angka lebih dari 500 dollar AS atau sekitar Rp7,17 juta per pon.

Saint Helena cofee (145 dollar AS)

Tumbuh di pulau Saint Helena yang kecil dan relatif tidak jelas di Atlantik selatan, kopi ini bersifat langka dan ditunggu-tunggu. Kopi tersebut berasal dari wilayah kecil di dunia, yaitu wilayah Inggris yang menjadi tempat pengasingan Napoleon.

Pada tahun 2016, Starbucks sempat mencuri perhatian ketika membuat kopi dari biji Saint Helena dan menjualnya dengan harga senilai 80 dollar AS atau sekitar Rp1,14 juta per kantong yang berisi 8,8 ons.

Kopi Molokai (60 dollar AS)

Jenis kopi ini berasal dari Pulau Molokai, sebuah pulau kecil di Hawaii, dengan industri yang sudah eksis sejak pertengahan 1800-an. Di pulau tersebut, kacang paling berharga yaitu catuai merah yang tumbuh subur di tanah vulkanik Hawaii dan cenderung memberikan cita rasa yang sangat baik.

Demikianlah penjelasan tentang kopi termahal di dunia. Semoga informasi bermanfaat bagi Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi