Tegaskan Dirinya Transgender, Ini Kata Oscar Lawalata tentang Pernikahan

| 18 Aug 2020 11:45
Tegaskan Dirinya Transgender, Ini Kata Oscar Lawalata tentang Pernikahan
Oscar Lawalata (Foto: Instagram/@oscarlawalata)

ERA.id - Desainer kondang Oscar Lawalata menjadi perbincangan publik usai pengakuan dari ibunya Reggy Lawalata. Dimana Oscar mengubah gender menjadi perempuan. Kakak Mario Lawalata akhirnya buka suara terkait hal itu.

"Saya transgender, saya tahu dari kecil saya transgender. "Setelah saya mempelajari kurang lebih 5 tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender," tegas Oscar Lawalata melalui kanal YouTube The Lawalatas.

Seperti diketahui, Oscar telah memiliki kekasih pria bule. Dia punya pandangan berbeda mengenai cinta dan pernikahan. Baginya, pernikahan hanyalah label dan dan pengesahan hubungan di atas kertas.

"Nikah dan cinta itu sesuatu yang beda. Nikah itu untuk saya kertas, clear bahwa kita resmi ya ada apa-apa lo support gue.. secara harta gono gini nafkah dan sebagainya clear jadi dia ngerasa aman. Tapi kalau bicara cinta, apa cinta itu perlu diamankan?" ujar Oscar.

Pemilik nama Oscar Septianus Lawalata menggambarkan cinta murni seperti genggaman pasir di tangan.

"Buat saya, cinta itu seperti pasir. Makin kuat digenggam lama-lama pasirnya habis, tapi kalau ditaruh di tangan, ya udah dia enggak akan ke mana-mana," kata desainer kelahiran 1 September 1977.

Oscar menuturkan jika dirinya sendiri memiliki kepribadian yang unik dan tidak bisa diprediksi.

"Oscar yang pasti unik, unpredictable, karena saya tahu bahwa apa yang saya jalani dengan personal saya, diri saya sendiri pun juga tahu," tutur Oscar.

Ia juga mengaku memiliki cara berpikir dan pandangan yang selalu berbeda dengan orang lain. Bahkan, ia juga tak mengerti mengapa kondisinya saat ini bisa terjadi. Baginya, jiwa perempuan sudah melekat di dalam dirinya sejak kecil.

"Cara saya berpikir itu adalah selalu tidak pada umumnya gitu. Karena kalau ditanya itu bagaimana ya saya sendiri tidak tahu, maksudnya jiwa itu sudah ada di dalam," ujar Oscar.

Mulanya pengakuan dirinya mengubah diri menjadi transgender ditentang oleh pihak keluarga. Namun, Oscar memilih memahami dan mengerti untuk menempatkan diri di posisi keluarganya. 

"Tapi aku dalamin lagi apa yang keluar dari mulut mereka, itu jujur mereka, walaupun sakit untuk saya, kalau diukur sakit hati pasti sakit karena untuk berjuang sama diri sendiri aja, itu juga enggak semudah itu," kata Oscar.

Hingga akhirnya, Oscar pun sadar bahwa ibunda, dan Mario memiliki cinta yang kuat untuk satu sama lain. 

"Yang akhirnya saya bisa kuat dan terus berkomunikasi dengan mereka karena saya melihat mereka cinta sama saya, itu aja yang saya pegang," ungkapnya. 

Rekomendasi