Oscar Lawalata, Karier, Kehidupan Pribadi, dan Prestasi

Tim Editor

Oscar Lawalata (Foto: Instagram/@oscarlawalata)

ERA.id - Oscar Lawalata, kakak dari aktor Mario Lawalata saat ini menjadi pusat perhatian warganet. Pasalnya, perancang busana berusia 42 tahun itu memantapkan dirinya untuk menjadi perempuan.

Hal ini diungkapkan oleh ibunya, Reggy Lawalata. Ia baru menerima keinginan putranya menjadi perempuan sekitar 5 sampai 6 tahun yang lalu. Awalnya sang ibunda mengaku berat untuk menerima kenyataan tersebut.

Pihak keluarga, terutama sang ibunda memberikan kebebasan untuk Oscar Lawalata. Meski berat, Reggy saat ini pasrah dan berusaha agar tetap meyakinkan dirinya untuk bisa menerima keadaan. 

"Menerima kondisi Oscar itu 5 atau 6 tahun. Saya dan Oscar bicara dari hati ke hati dan saya harus menentukan, tidak sampai di situ. Saya juga bicara dengan Mario begini begini begini akhirnya kita bilang apapun yang mau kamu lakukan, apapun yang buat kamu bahagia," ungkap Reggy Lawalata.

Oscar Lawalata atau bernama lengkap Oscar Septianus Lawalata adalah perancang ternama kelahiran Pekanbaru, 1 September 1997. Ia adalah anak laki-laki pertama dari pasangan Reggy Lawalata dan Alexander Polii. Pada usia 4 tahun orang tua Oscar bercerai. 

Ia bersama ibu dan adiknya kemudian hidup dalam keterbatasan. Ia memiliki adik bernama Mario Lawalata, dan mereka sama-sama masuk di industri hiburan Tanah Air. Bedanya, Oscar Lawalata masuk di dunia fesyen, sementara Mario Lawalata di dunia model dan film.

Oscar Lawalata (Foto: Instagram/@oscarlawalata)

Sebelum menjadi desainer ternama, Oscar Lawalata pernah menjadi model. Namun, ia memutuskan untuk tidak meneruskannya. Saat lulus SMA, Oscar gagal masuk Institut Teknologi Bandung. Hingga akhirnya, dia melanjutkan sekolahnya di Esmod, sekolah mode franchise dari Prancis. 

Namun, ia tak berhasil menyelsaaikan sekolahnya karena kendala finansial.Di awal karirnya, Oscar Lawalata memulai karirnya sebagai perancang busana. Ia membuka usaha butik di kawasan Blok S yang diberi nama butik Ne'Tes yang hanya memiliki dua mesin jahit. 

Titi DJ adalah orang pertama yang mempercayakan Oscar Lawalata untuk mendesain dan menjahit busananya. Dengan bermodal mulut ke mulut saja, butik Ne'Tes berkembang secara pesat. Tahun 1998, ia meluncurkan produk tas dari bahan bulu dan menjadi pusat perhatian.

Namanya semakin bersinar saat mengikuti kontes Young Fashion Designers di Singapura pada 1999. Kala itu ia membuat rancangan yang terinspirasi baju Bodo, khas Sulawesi Selatan. Di usia 22, Oscar diakui jadi perancang busana ternama di Tanah Air.

Sejak SMP, Oscar Lawalata sudah terlihat feminim dibanding anak laki-laki pada umumnya. Jadi tak heran jika sekarang mengunggah dirinya terlihat mengenakan makeup dan lipstik warna yang mencolok seperti merah.

Tak hanya itu, gaya busananya juga ikut berubah. Oscar Lawalata sering memakai rok dari kain tradisional. Ia juga kerap memakai topi lebar yang dipadukan dengan rok mini. Terlihat sekali gesturnya seperti wanita.

Oscar Lawalata (Foto: Instagram/@oscarlawalata)

Yang membuat pangling adalah saat Oscar tampil dengan gaya rambut bob. Seakan-akan penampiannya yang tidak dikenali sebagai pria. Bahkan, saat foto selfie ia mengambil jarak yang sangat dekat.

Ia terlihat cantik dengan rambut bob dan lipstik merah di bibirnya. Penampilannya juga sering dibilang mirip Dian Sastrowardoyo oleh warganet.

Soal asmara, rupanya Oscar Lawalata juga memiliki kekasih dengan pria bule yang tidak diketahui. Oscar dan kekasihnya kerap memamerkan kemesraan di Instagram pribadinya.

Oscar Lawalata dan pacarnya (Foto: Instagram/@oscarlawalata)

"Kami cinta, kami menangis, kami bentrok dan kami tertawa lagi dan lagi .. ❤️🌸🌸🌸 #missyou" tulisnya.

Dalam kariernya, Oscar juga berhasil meraih penghargaan International Young Creative Entrepreneur (IYCY) yang diselenggarakan oleh British Council pada tahun 2009 dan berhak atas hadiah uang sebesar  7.500 Poundsterling. Ia juga dipercaya merancang batik untuk para atlet bulu tangkis pada acara makan malam Djarum Indonesia Terbuka Super Series 2011. Saat ini Oscar fokus mengembangkan koleksi couture-nya dengan menggunakan bahan-bahan asli Indonesia di bawah label Oscar Lawalata Couture.

 

 

 

 

 

Tag: transgender Oscar Lawalata Gender

Bagikan :