Mengintip Gaya Anak Bos PT Djarum, Yuk Ikuti Kesederhanaannya!

Tim Editor

Armand Hartono (Nursaidr)

ERA.id - Armand Wahyudi Hartono, anak bungsu dari bos besar PT Djarum, Robert Budi Hartono, dan ponakan orang terkaya nomor 1 Indonesia, Michael Hartono, gayanya sungguh sederhana dan patut untuk ditiru.

Beberapa waktu lalu, Armand memamerkan kegiatannya lewat akun Instagram pribadi, @armadhartono. Di sana, ia menunjukkan sepasang sepatunya yang sudah koyak alasnya, namun masih dipakai jalan-jalan.

Sepatu kulitnya jebol. Saat tahu begitu, Armand memilih melakban sepatu bolongnya daripada membeli yang baru saat itu juga.

"Prepare for anything. Apa pun bisa terjadi, sepatu tua tiba2 sobek di perjalanan, untung ada lakban," tulisnya tahun lalu.

Walau itu belum bisa dipastikan kebenarannya soal ke mana ia berjalan-jalan dengan sepatu robek itu, namun pesan positifnya soal hidup sederhana bisa diambil bukan?

Tidak cuma ihwal sepatu. Armand Hartono dikenal sangat sederhana. Kabarnya, ia tidak boros dalam menggunakan uang dan fasilitas yang ia miliki.

"Saya selalu berusaha hemat. Mulai dari hal kecil seperti listrik, kita bisa saving."

"Nyalain AC sebentar saja. Kalau sudah dingin, begitu mau tidur, AC kita matikan," ujar Armand.

"Kan yang paling penting pas mau tidur saja, di tengah-tengah panas dikit tidak apa-apalah," sambungnya, dilansir Grid.id.

Menurut Armand, boros tidak ada manfaatnya. Armand lebih suka menghabiskan uangnya untuk menabung dan investasi.

Di tempat kerja juga, Armand dinilai tidak menjaga gengsinya sama sekali dengan tidak ragu untuk tetap makan di kantin. "Gaya hidup juga harus dijaga, sederhana saja. Sehari-hari di kantor ya saya makan di kantin lho."

"Kalau ada nasabah besar yang potensial atau rekan bisnis datang berkunjung, baru saya ajak makan di tempat yang bagus, bukan di kantin," kata Armand sambil tertawa.

Armand sendiri masih memegang teguh filosofi Jawa. "Wong Jawa itu ngerti namanya cukup. Kita tidak perlu menunjukkan kalau usaha (bank) milik kita besar."

"Cukup tunjukkan kalau kita bisa menjadi institusi yang sehat dan terpercaya," pungkasnya.

Bahkan berdasarkan kesaksian beberapa karyawan, Armand dianggap rendah hati dan tak sungkan bertegur sapa dengan karyawannya.

"Pak Armand itu selalu menyapa, senyum kalau ketemu sama karyawannya."

"Terus memang hemat, kalau ambil air minum juga selalu dihabiskan, tidak disisakan dan dibuang percuma," kata seorang karyawan BCA yang tak mau disebutkan namanya.

Sekadar diketahui, keluarga Hartono adalah konglomerat. Lihat saja Michael Hartono yang merupakan orang terkaya nomor 1 di Indonesia. Dilansir BBC, sekitar 70 persen kekayaan mereka berasal dari Bank Central Asia. Belum lagi perusahaan produsen rokok, Djarum, elektronik Polytron dan real estate.

Armand Hartono kini menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Bank BCA dengan kekayaan lebih dari Rp 113 triliun, berdasarkan catatan Forbes tahun 2015.

Barangkali, ia mengikuti pamannya, Michael Hartono, yang sampai sekarang gayanya sederhana. Pernah, ia disorot warganet saat ketahuan jajan tahu pong di warung kecil. Momen itu diunggah di laman Twitter @ayudh69.

Penampilan sederhana tampak jelas dari kaos polo yang dikenakannya. Bahkan dari potret yang beredar, konon Michael Bambang Hartono disebut-sebut telah menjadi pelanggan setia warung tersebut.

Tag: lifestyle yang unik

Bagikan: