Ini Sejarah Mengapa Kata "Bokep" Tercipta

| 31 Aug 2020 13:16
Ini Sejarah Mengapa Kata
Aktor film panas Jepang, Shigeo Tokuda

ERA.id - Tahun 90-an, pemuda dan remaja serta orang tua sangat akrab dengan yang namanya film biru atau blue film (BF). Media-media menyebutnya film panas. Lama-kelamaan, BF berubah menjadi "bokep". Kok bisa?

Belum diketahui pasti kapan tahun tepatnya kata "bokep" terkenal. Namun, pada awal 2000-an, para remaja dan orang dewasa sudah akrab dengan kata "bokep".

Saat ditelusuri sejarahnya, ternyata bokep adalah bahasa prokem, alias bahasa gaul atau bahasa slang Indonesia yang nonstandar dan lazim digunakan di tiap daerah di Indonesia pada tahun 70-an.

Di Jakarta sendiri, menyisipkan kata "ok" di tiap kata baku atau tidak untuk dijadikan bahasa prokem, adalah hal yang paling sering dilakukan. Contohnya kata bokap yang berarti bapak, yang menonjol adalah dua huruf "ok".

Dalam sumber lain disebutkan, istilah-istilah bokap, nyokap, pembokap, gokil, tokai dan lain-lain berasal dari bahasa grup elite anak-anak Jakarta dari akhir dasawarsa 1950-an (Anak-anak Menteng).

Untuk "nyokap" berasal dari "nyonya", diambil "ny"-nya saja, lalu disisipkan "ok", supaya keren disamakan akhirannya dengan "bokap", menjadi "nyokap".

Lalu ada juga kata "tokai", yang jelas sekali berasal dari "tahi" yang diucapkan "tai", kemudian diberi sisipan "ok", menjadi ""tokai".

Bokep sendiri dari kata BF, yang sering dilafalkan orang Jakarta dengan kata "be ep", kecuali untuk orang yang fasih. "Bokep" juga menjadi kata sandi untuk berkomunikasi dengan anak remaja atau orang dewasa yang sebaya, sebab menyebut film porno dulunya dianggap sangat tabu. Sekadar diketahui, "be ep" menjadi "bokep" saat disisipkan kata "ok". Ada juga versi lain yang menyebut, arti kata bokep adalah sebuah singkatan dari bobol keperawanan.

Tags : yang unik
Rekomendasi