Hukuman Guru untuk Anak 90-an, Mana yang Kamu Rindukan?

Tim Editor

Ilustrasi upacara anak sekolah

ERA.id - Anak-anak yang pernah bersekolah pada tahun 80-an dan 90-an pasti pernah dihukum oleh guru, bahkan sampai sekarang, anak sekolah pasti akan dihukum gurunya jika melanggar aturan. Hukumannya macam-macam, bisa tangannya dipukul penggaris kalau tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dan banyak lagi.

Dari semua hukuman yang diberikan untuk anak-anak yang melanggar aturan itu, banyak juga yang setuju dan tidak setuju. Sampai sekarang, meski sudah puluhan tahun hukum itu berjalan, perdebatan masih tetap ada.

Lalu siapa yang rindu dengan keceriaan dan getirnya masa-masa dihukum di sekolah? Tentu saja ada. Untuk mengenang masa-masa sekolah itu, ada beberapa hukuman yang tercatat menemani kita hingga dewasa.

1. Berdiri di depan kelas, angkat kaki

Jika kedapatan cerita di bangku belakang saat guru menerangkan, biasanya berdiri di depan papan tulis dan angkat kaki hukumannya. Apa ya tujuan dari hukuman ini selain membuat efek jera?

2. Sikap hormat ke tiang bendera

Hukuman ini dipakai saat murid tidak memakai atribut lengkap saat upacara seperti lupa bawa topi, dasi, atau seragam. Hukuman ini biasanya diminta dilakukan sepulang sekolah dengan sikap hormat ke tiang bendera.

3. Menulis "Saya berjanji tidak mengulanginya lagi"

Hukuman ini biasanya dilakukan saat seorang murid tidak mengerjakan PR atau tugas. Guru biasanya menghukum kita dengan menyuruh menulis "saya berjanji tidak mengulanginya lagi" di papan tulis sampai penuh atau di atas kertas folio dua lembar bolak-balik. 

4. Dijemur di lapangan

Pakai sepatu warna-warni, ketahuan merokok atau tawuran, siap-siap saja dapat hukuman di sekolah. Salah satunya dijemur di lapangan. Hukuman ini bisa juga datang misal kita terlambat masuk ke sekolah. Tapi ingat, hukuman ini juga berbahaya lo. Sudah banyak makan korban yang akhirnya meninggal.

5. Pukulan penggaris/kayu

Nah, hukuman ini untuk mereka yang lupa potong kuku. Atau kalau nilai jelek, bisa dapat cubitan yang besok bisa bikin kulit jadi biru. 

6. Lari lapangan tiga putaran

Bagi yang sering terlambat masuk sekolah, pasti akrab dengan hukuman ini. Biasanya, para guru menyuruh muridnya yang terlambat masuk ke gerbang sekolah berlari tiga kali putaran lapangan.

7. Lemparan kapur

Pernah dilempar kapur? Biasanya guru melempar kalau kita tidak mendengarkan mereka saat menjelaskan di depan kelas.

Tag: masuk sekolah

Bagikan :