Komunitas Sosial Rayakan 10.000 Aksi Anak Muda untuk Peringati 92 Tahun Sumpah Pemuda

Tim Editor

Komunitas sosial anak muda (Dok. Campaign.com)

ERA.id -  Berlangsung di tengah pandemi COVID-19, Hari Sumpah Pemuda  ke-92 menjadi momentum bagi anak muda Indonesia menunjukkan peran dalam menciptakan  keadaan sosial yang lebih baik. Berkaitan dengan hal ini, Indonesia pun memiliki rekam jejak  positif dalam hal kerelawanan.

Laporan Charities Aid Foundation (CAF): World Giving Index pada  tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara paling  dermawan, yakni skor untuk membantu orang lain sebesar 46 persen, berdonasi materi 78  persen, melakukan kegiatan sukarelawan 53 persen.

Campaign.com mengajak anak muda  Indonesia merayakan pentingnya peran pemuda untuk bangsa dengan menginisiasi ‘A Better  World Prize FUNthering Day Awarding Night’. 

Sejak Juni 2020, inisiasi A Better World Prize menjadi ajang bagi komunitas sosial  di Indonesia untuk memperluas dampak sosialnya dengan diberikan pelatihan dan pendanaan.  Lebih dari 400 pendaftar dari seluruh Indonesia, 39 komunitas lolos sebagai finalis dalam inisiatif  ini.

Tak hanya mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas, komunitas terpilih juga  menginisiasi program dalam aplikasi Campaign #ForChange dengan fokus isu masing-masing:  Pendidikan, Kesetaraan, Kesehatan, dan Lingkungan. Program ini dapat diikuti oleh seluruh anak  muda di Indonesia sebagai bentuk kontribusi mereka dalam membantu mengentaskan isu sosial  terkait. Setiap satu program yang diselesaikan, telah dikonversikan menjadi donasi sebesar  Rp10.000,-.

Kini, total 10.705 anak muda berhasil menyelesaikan 10.187 program dengan donasi yang  terkumpul sebesar Rp10.187.000,- untuk membantu komunitas terkait. Tak hanya komunitas,  Campaign.com juga mempertemukan puluhan sukarelawan dari seluruh Indonesia dalam  inisiatif ini.

Pada perayaan ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’, lima  komunitas terpilih dari seleksi tahap pertama dan kedua melakukan presentasi mengenai  program sosialnya untuk mendapatkan pendanaan sebesar Rp50.000.000,-. Hadiah utama ini  diberikan oleh Danpac Pharma melalui Yayasan Dunia Lebih Baik. 

William Gondokusumo selaku Chief Executive Officer Campaign.com memaparkan,  “Campaign.com mempertemukan anak muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk andil  dalam pengentasan beragam isu sosial, khususnya selama masa pandemi ini.

"Bertepatan dengan  Hari Sumpah Pemuda ke-92, perayaan ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’  menjadi simbolis perjuangan anak muda melalui komunitasnya masing-masing. Kami berharap  A Better World Prize juga memantik semangat anak muda untuk memperluas dampak sosialnya,  melalui berbagai platform yang mereka miliki, termasuk secara digital," katanya lewat keterangan resmi.

Stefani Putri dari Kita Beraksi sebagai komunitas peraih A Better World Grand Prize sebesar  Rp50.000.000,- memaparkan, “A Better World Prize ini memiliki konsep yang sangat  komprehensif, ada sisi pembelajaran dan tantangan untuk komunitas. Melalui program ini, kami  belajar melalui mentor dalam sesi lokakarya, kemudian ditantang untuk membuat program di  aplikasi Campaign #ForChange, juga mendapatkan pendanaan. Bagi anak muda Indonesia,  selamat merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-92 dengan semangat berkarya dan kolaborasi.” 

Tag: hari sumpah pemuda

Bagikan: