4 Ide Seru Rayakan Hari Ayah Nasional untuk Ayah Tercinta Nanti Malam

Tim Editor

Ilustrasi ayah dan anak (Foto: Pexels/Tatiana Syrikova)

ERA.id - Figur seorang ayah berperan penting dalam menjaga dan menjamin kelangsungan hidup keluarganya. Tidak hanya mencari nafkah, seorang ayah juga menjadi pemimpin, pelindung, serta contoh teladan bagi anggota lainnya terutama anak. 

Dedikasi dan pengorbanan yang dilakukan oleh para ayah tersebut turut diapresiasi dengan kehadiran Hari Ayah. Dirayakan di Indonesia setiap tanggal 12 November, Hari Ayah tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

Meskipun pandemi cukup membatasi ruang gerak masyarakat, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa sayang dan terima kasihmu pada momentum Hari Ayah ini. Masih bingung apa yang dapat kamu lakukan untuk memperingati Hari Ayah di tengah pandemi? Simak beberapa ide yang bisa membuat hari istimewa ini semakin berkesan bagimu dan ayah.

1. Sampaikan isi hatimu kepada ayah melalui pop-up letter

White, Black, and Red Person Carrying Heart Illustration in Brown EnvelopeIlustrasi surat (Foto: Pexels/freestocks.org)

Surat adalah salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan perasaan seseorang, karena surat memungkinkan kamu untuk menuliskan curahan hati yang sulit diucapkan secara langsung. Meskipun terkesan sederhana, surat dapat menjadi hadiah istimewa dan menyentuh hati penerimanya, terlebih jika seorang ayah menerimanya dari sang anak. Untuk membuatnya lebih spesial dan menarik, kamu dapat membuat surat yang berbeda dengan mendesainnya menjadi pop-up letter atau surat dengan efek 3D yang memiliki kesan timbul dan lebih hidup. Selain mengungkapkan rasa syukur dan menyelipkan doa kepada sang pahlawan keluarga, pop-up letter dapat membantu mengasah kreativitas dan meningkatkan kemampuan menulismu.

2. Memasak camilan kesukaan ayah

Man in Blue and White Plaid Dress Shirt Sitting Beside Boy in Gray SweaterIlustrasi memasak (Foto: Pexels/Daisy Anderson)

Makan menjadi salah satu aktivitas yang semakin populer dilakukan di tengah pandemi, memasak dapat menjadi opsi yang bisa kamu lakukan untuk ayahmu. Dengan memasak atau membuat camilan kesukaan ayahmu, kamu dapat menunjukkan kepedulian dan rasa sayangmu terhadapnya. Bukan semata-mata tentang rasa, membuat camilan seperti pancake atau kue kering untuk ayah tentu terasa lebih bermakna karena kamu membuatnya dengan usahamu sendiri. Setiap kali ayahmu memakan camilan buatanmu, tentu ia akan mengingat kebaikanmu yang dapat menghadirkan senyuman di wajahnya. Sambil menyelam minum air, melatih kemampuan memasak sembari memberikan kejutan untuk ayah bukan ide yang buruk, bukan?

3. Membuat ayah lebih semangat bekerja

man in black crew neck t-shirt holding baby in white and pink stripe onesieIlustrasi ayah dan anak (Foto: Pexels/Bermix Studio)

Dengan segala tantangan dan keterbatasan, tentu bukan hal mudah bagi seorang ayah untuk tetap memenuhi kewajibannya dengan bekerja di tengah pandemi. Di hari yang spesial ini, tak ada salahnya jika kamu membantu ayah agar ia merasa semangat saat bekerja. Kamu bisa melakukan berbagai inisiatif seperti memilihkan pakaian saat sang ayah hendak bekerja, menyambut kepulangannya dengan secangkir teh hangat dan pijatan, atau membantunya mencuci kendaraan di akhir pekan. Meskipun tidak terjun langsung dalam pekerjaan sang ayah, hal-hal tersebut tentu dapat menghilangkan stres dan rasa lelah yang ia alami saat bekerja.

4. Merekam video menarik untuk ayah

Baby Approaching Men's Black SunglassesIlustrasi ayah dan anak (Foto: Pexels/Biova Nakou)

Kamu juga dapat merekam pesan yang ingin kamu sampaikan pada ayahmu dengan membuat video pendek. Kamu bisa mengumpulkan momen kebersamaan bersama ayahmu yang kamu rangkum di dalam satu video pendek. Dibanding memberikannya secara langsung kepada ayahmu, kamu bisa mengunggahnya di media sosial dan bahkan menjadikannya konten untuk mengikuti video challenge. Salah satu video challenge yang bisa kamu ikuti adalah challenge #TerhebatAyahku di aplikasi Likee untuk merayakan Hari Ayah.

Tag: ayah

Bagikan: