Anti Mati, Berikut Cara Merawat Tanaman Keladi Supaya Subur dan Cepat Berkembang Biak

| 13 Nov 2020 08:05
Anti Mati, Berikut Cara Merawat Tanaman Keladi Supaya Subur dan Cepat Berkembang Biak
Tanaman keladi (Foto: Instagram/@kebunnya_bro)

ERA.id - Merawat tanaman hias menjadi tren dimasa pandemi. Berbagai jenis tanaman hias laris karena diburu penggemar tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang sedang banyak diburu dan populer adalah tanaman hias keladi. Padahal, tahukah kamu rupaya tanaman hias keladi yang kini sekarang menjadi primadona, dulunya dibiarkan tumbuh digot.

Selain itu, beberapa tanaman keladi ada yang mencapai jutaan, seperti keladi hibrida, keladi thailand, keladi red kujang, hingga keladi minyak. Tanaman hias keladi banyak diburu karena daunnya yang warna-warni dan berbentuk hati. Ini menjadikan keladi sebagai tanaman hias yang cantik dan cocok dijadikan sebagai pemanis ruangan. 

Tampilannya yang menyegarkan memang membuat suasana rumah menjadi lebih hidup. Jika kamu tertarik untuk merawat tanaman hias ini, sebaiknya kamu kenali dulu cara-cara merawat tanaman hias keladi dengan baik dan benar. Dilansir dari Gardening Know How pada JJumat (13/11/2020), berikut cara merawat tanaman keladi supaya subur dan cepat berkembang biak:

1. Cahaya sedang

Keladi (Foto: Instagram/@ratudaun_nursery)

Tanaman hias keladi yang disimpan di dalam ruangan membutuhkan area dengan intensitas cahaya yang sedang.

Sinar matahari yang terik atau terlalu panas bisa merusak daun tanaman keladi. Mereka akan hangus dan mengering jika terlalu sering terpapar sinar matahari terik.

Meniru kondisi habitat alami dari suatu tumbuhan adalah upaya yang terbaik untuk membuatnya tumbuh sehat, subur, dan cepat berkembang biak.

2. Atur kelembapan

Perlu diketahui bahwa tanaman hias keladi berasal dari hutan tropis Amerika Selatan yang menghasilkan dedaunan selama musim hujan dan cuaca hangat.

Oleh sebab itu, tanaman hias keladi membutuhkan kelembapan yang tinggi agar bisa tetap tumbuh subur dan sehat di dalam ruangan.

Bagi yang tinggal di cuaca panas, menjaga kelembapan tanaman keladi bisa dilakukan dengan menempatkan piring berisi kerikil dan air di bawah pot bunga.

Penguapan akan melembapkan udara sekitar dan memberikan kelembapan yang dibutuhkan tanaman hias keladi.

3. Waktu menyiram

Keladi (Foto: Instagram/@raharjo_oke)

Tanaman hias keladi harus terus disiram agar tanahnya tetap subur hingga akhir musim kemarau. Meski demikian, waktu penyiraman tetap perlu diperhatikan agar tidak memberikan efek negatif pada tanaman.

Agar penyerapan air lebih maksimal, sebaiknya siram tanaman hias keladi saat tanahnya sudah kering. Kelembapan yang berlebihan pun bisa memberikan efek negatif, salah satunya akar yang membusuk dan daun yang menguning.

Simpan tanaman hias keladi di area dengan suhu setidaknya 18 derajat celcius. Ketika daun mulai layu, biarkan mereka bertahan dan kemudian potong.

Rekomendasi