Ada Aglaonema dan Lidah Mertua, Berikut Tanaman Hias yang Bikin Tidur Jadi Nyenyak

Tim Editor

Tanaman hias (Foto: Instagram/@evi_umqismina)

ERA.id - Menempatkan tempat tidur yang nyaman dengan lilin aromaterapi mungkin bisa jadi cara untuk membuat kamu tidur terlelap. Namun, tahukah kamu ternyata meletakkan tanaman hias di kamar tidur bisa membantu relaksasi sehingga membuat tidurmu menjadi nyenyak. 

Dikutip dari Good Housekeeping pada Selasa (17/11/2020), Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan ada beberapa tanaman populer, seperti lidah mertua dan aglaonema yang membantu membuang racun dan meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan. Ini menjadi kunci supaya mendapatkan kualitas tidur malam yang lebih nyaman.

Tapi, banyak kamar tidur yang tidak memiliki banyak jendela dan minim paparan sinar matahari. Kamu bisa memilih tanaman hias yang bisa bertahan dalam kondisi cahaya redup. Selain itu, kamu juga bisa menggantung tanaman hias tersebut untuk mempercantik kamar tidurmu. Berikut 6 tanaman hias yang bikin tidur jadi nyenyak:

1. Lidah mertua

Green Aloe Vera Plants

Lidah mertua (Foto: Pexels/Cintia Siqueira)

Lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan membantu memperbaiki kualitas tidur. Selain itu, lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang dapat mengubah karbon dioksida jadi oksigen di malam hari, sesuatu yang dilakukan kebanyakan tanaman di siang hari. Lidah mertua hanya membutuhkan sedikit cahaya dan air. Lidah mertua tak mudah mati, berdaun tebal dan kaku, dan cocok dengan berbagai macam pencahayaan. Oleh sebab itu, tanaman ini mudah dirawat dan tidak masalah diletakkan di mana saja.

2. Philodendron Heartleaf

Philodendron Heartleaf (Foto: Instagram/@plantsandjess)

Saat ini, philodendron adalah tanaman hias yang paling banyak diminati dari kalangan pecinta tanaman hias. Namun, tak semua jenis philodendron dapat membuat tidur nyenyak. Tanaman hias dengan daun berbentuk hati yang berwarna hijau cerah ini juga mudah dirawat dan sangat efektif menyerap formaldehida dari udara di dalam ruangan. Selain itu, philodendron heartleaf memberikan kesan dengan nuansa menyejukkan, dan mempercantik ruangan.

3. Lavender

purple petaled flowers with vase

Lavender (Foto: Unsplash/Nicole Pearce)

Lavender adalah salah satu tanaman yang mengeluarkan aroma menenangkan. Tak hanya membuat tidur jadi nyenyak, lavender mampu mengurangi kecemasan dan insomnia. Kamu bisa menaruh lavender di tempat yang cukup cahaya di kamar tidur. Hal ini memudahkan kamu untuk menanamnya didalam ruangan. Supaya lebih mudah, kamu bisa menempatkan daun lavender kering di bawah bantal supaya mendapatkan kesan aromaterapi.

4. Monstera

Photo of Swiss Cheese Plant

Monstera (Foto: Pexels/Huy Phan)

Tanaman monstera memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Monstera dapat menyerap CO2 saat malam hari dan melepaskan oksigen, sehingga menciptakan ruangan yang segar. Hal ini membuatnya cocok untuk menemani waktu tidurmu supaya lebih nyenyak. Selain cantik dan menyejukkan, monstera hanya membutuhkan cahaya sedang dan memerlukan penyiraman mingguan. 

5. Aglaonema

Aglaonema (Foto: Instagram/@jual_bunga_aglonema7)

Aglaonema adalah tanaman hias yang saat ini tengah populer. Aglaonema menjadi salah satu pemurni udara terbaik. Tanaman tropis ini memancarkan oksigen dengan jumlah tinggi yang bisa membantu seseorang supaya tidur lebih nyenyak.

Selain itu, aglaonema bisa bertahan lama dan dapat bertahan hidup dalam kondisi cahaya yang redup. Tergantung pada variasinya, tanaman ini memiliki sedikit warna merah dan perak. Tanaman ini sangat cocok diletakkan dimana saja untuk mempercantik kamar tidurmu.

Tag: Tanaman Hias

Bagikan: