Tanaman Hias dalam Ruangan yang Disarankan untuk Anda

| 06 Feb 2023 13:05
Tanaman Hias dalam Ruangan yang Disarankan untuk Anda
Ilustrasi tanaman hias dalam ruangan (Foto: Pixabay)

ERA.id - Setiap orang tentunya mengharapkan rumah yang nyaman, indah, dan asri. Salah satu cara untuk mewujudkan harapan tersebut adalah dengan memelihara tanaman hias dalam ruangan.

Selain mempercantik ruangan, tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah juga dapat memunculkan kesan yang menawan. Selain itu, rumah Anda juga akan terasa lebih segar sebab tanaman akan melepaskan oksigen ke udara.

Namun, Anda juga harus memilih tanaman hias yang tepat untuk dipelihara di dalam ruangan. Apalagi, tidak semua tanaman hias diberikan perawatan yang mudah dan memerlukan cahaya matahari yang cukup.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi tanaman hias dalam ruangan yang bisa Anda pilih.

Lidah mertua

Tanaman yang disebut juga dengan sansevieria ini dapat menyejukkan ruangan di rumah Anda. Tanaman jenis ini melepaskan oksigen di malam hari sehingga udara di ruangan Anda jadi lebih segar.

Selain itu, lidah mertua juga dapat mengikis polusi atau senyawa berbahaya di udara ruangan Anda.

Bambu hoki

Ilustrasi bambu hoki (Foto: Pixabay)

Seperti namanya, tanaman hias satu ini diyakini dapat membawa hoki ke rumah kamu Anda. Selain itu, bambu hoki juga bisa membuat udara di rumah Anda menjadi lebih sejuk.

Tanaman ini juga melepaskan oksigen ke udara sehingga terasa lebih segar, apalagi jika Anda memberikan cukup air di bagian dasarnya. Hunian akan terasa lebih nyaman, cantik, dan sejuk jika Anda memelihara bambu hoki ini.

Lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya (Foto: Pixabay)

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang memberikan banyak manfaat ini. Selain baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, ternyata tanaman lidah buaya atau aloe vera ini juga mampu menyejukkan ruangan.

Lidah buaya mempunyai kandungan air yang tinggi pada batangnya. Jadi, saat tanaman ini melepaskan uap, udara pun akan terasa lebih sejuk.

Tanaman hias ini juga cocok untuk diletakkan di kamar tidur Anda. Lidah buaya akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari sehingga Anda bisa beristirahat dengan lebih nyenyak.

Tanaman karet

Meskipun memiliki nama demikian, tanaman ini bukanlah penghasil karet. Tanaman karet juga sering dijadikan referensi untuk menyejukkan rumah. Semakin banyak dan besar daunnya, udara di sekitarnya akan menjadi lebih sejuk.

Jika Anda menyiram tanaman ini dengan rutin dan kapasitas air yang cukup, tanaman karet akan tumbuh subur dan menyejukkan ruangan di rumah. Tentunya Anda akan betah di rumah seharian.

Palem bambu

Pohon palem bambu juga cocok dijadikan pelembab dan penyejuk udara di dalam ruangan. Dibandingkan jenis pohon palem lain, ukurannya cenderung lebih kecil. Inilah yang menjadikannya terlihat cantik sebagai penghias rumah.

Setiap harinya, palem bambu dapat mengeluarkan uap air hingga satu liter sehingga udara akan menjadi lebih sejuk. Udara juga menjadi lebih lembab dan menyegarkan.

Monstera

Tentunya anda pernah mendengar tanaman yang disebut dengan “janda bolong”. Ternyata tanaman ini mempunyai nama lain, yaitu monstera. Tampilannya yang cantik dan unik membuat banyak orang menyukainya.

Ciri khas dari monstera ada pada daunnya yang terdapat lubang-lubang berukuran cukup besar. Tahukah Anda, monstera juga dapat membuat ruangan menjadi sejuk sekaligus segar. Hunian Anda akan terlihat lebih cantik karena bentuk  daunnya yang unik.

Sirih gading

Tanaman cantik jenis ini tidak hanya menjadi penghias ruangan, tetapi juga bisa menyegarkan udaranya. Anda dapat menanam sirih gading pada tanah maupun air.

Sirih gading juga dapat mengalirkan oksigen dan udara yang sejuk ke ruangan sehingga rumah Anda akan terasa lebih nyaman.

Demikianlah beberapa jenis tanaman hias dalam ruangan yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi