5 Tanaman yang Membantu Menjaga Rumah Tetap Sejuk

| 27 Sep 2022 08:00
5 Tanaman yang Membantu Menjaga Rumah Tetap Sejuk
Tanaman penyejuk ruangan (Unsplash.com/Ceyda Ciftci)

ERA.id - Ketika musim panas tiba, terkadang kipas pendingin, air conditioner, atau jendela yang dibiarkan terbuka tidak cukup untuk menjaga kesejukan rumah. Namun, tahukah Anda bahwa selain menggunakan teknologi, mendinginkan ruangan di rumah bisa menggunakan bahan ramah lingkungan?

Tanaman hias sangat berguna untuk melakukan tugas tersebut. Ketika atmosfer tempat tanaman tumbuh memanas, maka tanaman akan sering melepaskan air ke udara melalui daun.

Dengan melepaskan air yang menguap tersebut, tanaman akan mendinginkan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, menempatkan tanaman di dalam rumah bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk, seperti beberapa tanaman berikut ini, dilansir dari Originenergy.

1. Aloe vera

Aloe Vera (Unsplash.com/pisauikan)

Aloe vera dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat, seperti sebagai obat dan bahan produk kecantikan. Selain itu, aloe vera ternyata memiliki manfaat lain, yakni menurunkan suhu ruangan yang memanas. Hal tersebut bisa dilakukan aloe vera karena memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

Kandungan air tersebut berada dalam daun aloe vera yang berdaging tebal. Tanaman ini berasal dari Jazirah Arab, yang kini sudah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia. Dengan kehadiran aloe vera di wilayah beriklim tropis, maka bisa menjadi penyejuk ruangan ketika cuaca panas.

2. Ficus

Tanaman lainnya yang cocok digunakan untuk menyejukan ruangan adalah ficus. Tanaman hias ini memiliki daun yang lebat. Daun tersebut efektif menjaga kelembaban udara dan ruangan, sehingga kesejukan akan tetap terasa di musim panas.

Jenis tanaman ini yang biasa dijadikan penyejuk ruangan salah satunya adalah ficus benjamina. Jenis ini termasuk tanaman yang tumbuh dengan baik dalam ruangan. Tanaman yang juga dikenal dengan weeping fig ini membantu menjaga udara di dalam ruangan tetap lembab dan sejuk.

3. Chinese Evergreen (Aglaonema)

Tanaman yang satu ini terkenal dengan kemampuannya membersihkan racun di udara. Dengan kemampuannya itu, Chinese Evergreen juga memiliki tingkat transpirasi tinggi, yang membantu melembabkan udara di sekitarnya, sehingga suhu ruangan tetap sejuk meskipun panas di luar begitu menyengat.

Tanaman yang dikenal sebagai aglaonema dari familia Araceae ini memang merupakan tanaman serbaguna yang memiliki manfaat luar biasa untuk penggunaan di dalam ruangan. Tanaman ini sudah masuk dalam daftar tanaman pilihan dan banyak direkomendasikan untuk menyejukkan ruangan.

4. Pakis

Pakis memiliki berbagai manfaat yang biasa digunakan untuk makanan, obat-obatan, pupuk hayati, tanaman hias, dan memulihkan udara. Mereka sudah menjadi subjek penelitian karena kemampuannya untuk menghilangkan polutan kimia dari atmosfer.  

Tanaman yang indah ini merupakan pelembab ruangan yang sangat baik, bahkan dinobatkan salah satu pemurni udara terbaik oleh NASA. Tanaman ini mampu menarik kabon dioksida dan melepaskan oksigen. Semakin banyak daunnya, maka semakin banyak oksigen yang dihasilkan untuk menyejukan ruangan.

5. Lidah mertua

Lidah mertua (Unsplash.com/Kelly Sikkema)

Sama seperti lidah buaya, snake plant juga memiliki kemampuan menyejukkan rungan karena memiliki kandungan air yang tinggi. Habitat dan sebaran tanaman yang juga dikenal sebagai lidah mertua ini berasal dari negara Afrika Timur, Arab, India Timur, Asia Selatan, dan Pakistan.

Tanaman ini sangat baik sebagai pemurni udara dalam ruangan. Snake plant alias lidah mertua merupakan tanaman penghasil oksigen yang berbeda dari lainnya, karena mereka mengubah banyak karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari. Dengan alasan ini, maka tanaman ini menjadi pilihan untuk dipelihara di kamar tidur Anda untuk menghasilkan oksigen di malam hari, yang tentunya juga menjaga kesejukan ketika musim panas.

Rekomendasi