Ada Philodendron, Berikut Tanaman Hias Berdaun Hitam yang Eksotis dan Elegan

Tim Editor

Tanaman Philodendron (Foto: Instagram/@bago.plantshop)

ERA.id - Sejak pandemi COVID-19, menanam tanaman hias menjadi hobi baru dan tren. Berbagai tanaman hias ludes diserbu pecinta tanaman hisa dari berbagai daerah. Tanaman hias kini banyak didominasi dengan warna dan corak yang beragam. Pada umumnya, tanaman hias warna menor seperti kemerahan, kuning, hijau, hingga putih.

Tapi, kamu jangan terpaku dengan tanaman hias berwarna menor saja. Sebab, saat ini tanaman hias berdaun hitam berhasil memikat pecinta tanaman hias. Tanaman hias berdaun hitam bisa mempercantik rumahmu. Dilansir dari akun YouTube Wardi Tanjung, berikut 4 tanaman hias berdaun hitam yang memberi kesan eksotis dan elegan:

1. Philodendron black cardinal

Philodendron black cardinal (Foto: Instagram/@feeleexx)

Philodendron black cardinal memiliki daun berwarna merah kehitaman. Daunnya yang merah kehitaman memberikan efek glossy yang terlihat indah dan mempesona. Philodendron jenis ini cocok ditanam di tanah gembur dan harus dimiliki pecinta tanaman unik.

2. Burgundy rubber tree

Burgundy rubber tree (Foto: Instagram/@growinginagap)

Burgundy rubber tree adalah tanaman hias yang memiliki daun tebal berukuran cukup besar. Daunnya berwarna kehitaman dan mengkilap mmemberikan kesan sangat elegan. Untuk menghasilkan warna yang paling gelap, burgundy rubber tree harus ditempatkan di tempat yang terang dengan pencahayaan langsung.

Meski bisa bertahan di ruangan bersuhu normal dengan pencahayaan rendah, daun burgundy rubber tree akan memudar dan berubah warna menjadi hijau muda.

3. Black raven ZZ

Black raven ZZ (Foto: Instagram/@jadeandivyplants)

Black raven ZZ adalah tanaman hias daun warna hitam yang bisa hidup dengan pencahayaan langsung mau pun tidak langsung. Perawatan black raven ZZ tidak terlalu rumit sebab hanya butuh disiram satu kali dalam dua minggu. Hal ini dilakukan untuk memastikan tanah tidak terlalu lembab dan tidak ada pembusukan akar.

4. Ludisia discolor

Ludisia discolor (Foto: Instagram/@sivo_greenjungle)

Ludisia discolor atau anggrek permata tidak hanya memancarkan pesona dari daunnya yang berwarna hitam tetapi juga dari bunganya yang mekar. Tanaman hias satu ini menghasilkan bunga warna putih dan kuning pucat.

Ludisia discolor tak terlalu menyukai cahaya alami. Sebab, banyak terkena paparan sinar matahari bisa menghilangkan warna daunnya yang khas. Ludisia discolor dapat tumbuh di kawasan hujan hutan tropis.

Tag: Tanaman Hias Philodendron

Bagikan: