Pindah Agama Hingga Jadi Pendeta, Aktor Ali Topan Anak Jalanan, Junaedi Salat Meninggal Dunia

| 19 Jan 2021 13:15
Pindah Agama Hingga Jadi Pendeta, Aktor Ali Topan Anak Jalanan, Junaedi Salat Meninggal Dunia
Junaedi Salat (Foto: Instagram/@ochi_salat)

ERA.id - Aktor senior, Junaedi Salat meninggal dunia di RS PGI Cikini, Jakarta pada Senin (18/1/2021) di usia 70 tahun. Kabar duka itu disampaikan oleh kerabat Junaedi Salat, Mulyo P. 

"Telah dipanggil kembali ke rumah Bapa sorgawi : Bpk. Djunaedi Salad hari ini, Senin, 18 Jan.2021, pukul 20.09, di RS PGI Cikini," demikian isi pesan tersebut, Senin (18/1/2021).

Sementara, anaknya bernama Ochi Maulana Salat juga mengunggah foto ayahnya di Instagram dengan pesan yang mengharukan.

"Selamat pulang Papa kesayangan.. hati rasanya hancur tapi kita tau Papa udah bersama Tuhan Yesus yang sangat Papa cintai & juga mencintai Papa, terimakasih ya Pa untuk segala teladan yang terbaik, mengasihi dengan perbuatan bukan kata-kata semata & hidup melayani orang lain, kita merasa sangat kecil dibandingkan dengan itu..semoga kita bisa terus belajar banyak menjadi seperti Papa," tulisnya.

"Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan,sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka (Wahyu 14:13) we love you so much. Selamat jalan sang Panglima garis depan Pekabaran Injil..sampai bertemu Pa di kekekalan..Note: untuk ibadah penghiburan secara online akan diinfokan, kami atas nama keluarga mohon maaf apabila ada kesalahan & perbuatan kurang menyenangkan yg mungkin dilakukan Papa, Tuhan memberkati kita semua." lanjutnya

Dilansir dari berbagai sumber, Junaedi Salat mengawali kariernya sebagai aktor bekerja di Taman Ismail Marzuki sebagai pengurus gedung, sambil bersekolah. Kemudian, mendiang mendapat tawaran untuk bermain film dan langsung mendapat peran utama di film Aku Tak Berdosa di tahun 1972 dengan artis Dewi Puspa. 

Dua tahun berikutnya, Junaedi beradu akting dengan aktris Yenny Rahman, untuk membintangi film kedua, berjudul Susana. Salah satu film yang sangat terkenal adalah saat Junaedi Salat membintangi film Ali Topan Anak Jalanan di tahun 1977 dengan Yati Octavia. 

Selain menjadi aktor, Junaedi Salat juga ikut menulis lirik lagu Sabda Alam enngan almarhum Yockie Suryoprayogo dan lagunya dinyanyikan oleh almarhum Chrisye.

Sepanjang hidupnya, musisi sekaligus aktor tersebut sukses menelurkan beberapa album musik, antara lain Burung Camar, Joni Teler, Vonny Sumlang, album Guruh Soekarno Putra Gilang Indonesia Gemilang, dan album Chrisye Percik Pesona.

Beberapa judul film yang pernah dibintangi adalah Pacar Pilihan (1975), Puber (1978), Mencari Cinta (1979), Colak Colek (1979), Gita Cinta dari SMA (1979), Remaja di Lampu Merah (1979), Gadis Kampus (1979), Di Ujung Malam (1979), dan lainnya.

Junaedi Salat kemudian menjalani pernikahan beda agama dengan Mauli, sang istri beragama Kristen. Lalu, kehidupannya dirundung masalah mulai dari perceraian hingga kecanduan narkoba.

Setelah meninggalkan dunia hiburan pada tahun 80-an, Junaedi Salat memutuskan masuk Kristen dan menghabiskan sisa hidupnya sebagai seorang pendeta.

Rekomendasi