Cantik dan Unik, 5 Tanaman Hias Daun Dua Warna yang Banyak Diburu Emak-Emak

| 18 Feb 2021 08:00
Cantik dan Unik, 5 Tanaman Hias Daun Dua Warna yang Banyak Diburu Emak-Emak
Monstera adansonii varigata (Foto: Instagram/@philodendron_fanatic)

ERA.id - Tanaman hias tidak melulu berdaun warna satu. Saat ini, tanaman hias yang daunnya memiliki dua warna berbeda atau jenis  variegata. Tanaman jenis ini biasanya banyak dicari pecinta tanaman hias, terutama kalangan emak-emak.

Selain dua warna berbeda, tanaman jenis varigata ini memiliki bentuk yang tak kalah menarik. Beberapa tanaman hias varigata ini memiliki karakteristik yang unik, yakni warna dan corak indah. Dilansir dari berbagai sumber, 5 tanaman hias daun dua warna yang banyak diburu. 

1. Monstera Adansonii Varigata

Monstera adansonii varigata (Foto: Instagram/@chocoballs77)

Mempunyai perpaduan warna yang unik, membuat harga monstera adansonii varigata dijual dengan harga yang fantastis. Tak heran, kolektor tanaman hias banyak memburu monstera adansonii varigata. Bentuknya yang estetik, membuat kamu betah memilikinya. Harga tanaman hias ini dihitung dari per lembar daunnya. Mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp10 juta tergantung ukurannya.

2. Aglaonema Suksom Jaipong

Aglaonema suksom jaipong (Foto: Instagram/@rizkasari)

Aglaonema suksom jaipong memiliki warna daun yang merah mencolok yang menjadi daya tarik. Sementara, warna hijau menjadi pemanis yang mengelilingi pinggiran daun. Sebaiknya, hindari meletakkan Aglaonema terkena matahari secara langsung. Harga aglaonema suksom jaipong dibanderol sekitar Rp150 ribu hingga Rp1 juta tergantung ukurannya.

3. Calathea Makoyana

Calathea makoyana (Foto: Instagram/@plantita.of.sweden)

Daun makoyana cukup tipis dengan bagian bawah daun warna ungu dan hijau muda, layaknya bulu merak. Calathea makoyana dapat mempercantik ruanganmu, selain itu menjadikan sudut rumah jadi lebih estetik. Tergantung ukurannya, harga calathea makoyana dijual sekitar Rp100 ribu hingga Rp400 ribu.

4. Caladium Spring Fling

Caladium spring fling (Foto: Instagram/@plantcircle)

Caladium spring fling memiliki warna mayoritas merah muda di daunnya. Terdapat garis hijau di tulang daun dan tepian daun. Bentuknya yang seperti hati membuat penampilan dari tanaman ini jadi lebih eksotis. Tergantung ukurannya, caladium spring fling dibanderol seharga Rp50 ribu hingga Rp300 ribu.

5. Nanas Kerang

Nanas kerang (Foto: Instagram/@mother_projec)

Nanas kerang memiliki daun cantik yang dikombinasi warna ungu dan hijau. Nanas kerang biasanya tumbuh subur di tanah yang lembap. Jadi pastikan menyiram nanas kerang secara teratur. Tanaman ini memiliki khasiat sebagai obat penyakit batuk, bronchitis dan juga TBC kelenjar. Berdasarkan ukurannya, nanas kerang dijual sekitar Rp5 ribu hingga Rp30 ribu.

Rekomendasi