Viral, Wanita Sedih Berat Aglonema Kesayangan Digondol Maling, Berikut Tips agar Tanaman Tak Dicuri

Tim Editor

Tanaman hias (Foto: Instagram/@medsoskediri)

ERA.id - Berbagai tanaman hias saat ini sangat laris dipasaran, salah satunya adalah aglonema. Walau harganya mahal, tanaman hias satu ini banyak dicari berbagai kalangan. Bahkan, aglonema saat ini tengah marak pencurian.

Hal ini dialami oleh seorang wanita bernama Rahma yang mengalami nasib apes. Ia harus kehilangan aglonema kesayangannya. Tak hanya aglonema, ia juga kehilangan satu tanaman lainnya.

- https://era.id/lifestyle/53534/paku-tanduk-rusa-hingga-monstera-berikut-ragam-koleksi-tanaman-hias-krisdayanti

- https://era.id/lifestyle/53313/asri-dan-menyegarkan-5-koleksi-tanaman-hias-ala-chef-marinka-yang-banyak-diincar

- https://era.id/lifestyle/53196/memanjakkan-mata-berikut-koleksi-tanaman-hias-putri-anne-istri-arya-saloka

[/see_also]

"Mbak @rahmaaa_ps mengalami musibah, kemalingan tanduran Aglonema Big Roy 2 pot sama bunga kupu-kupu 1 pot kemarin 26/," tulis @medsoskediri

Dalam foto itu, wanita tersebut mengaku sakit hati karena tanaman mahalnya hilang. Dua pot itu hanya berisi tanah tanpa tanamannya yang mahal.

"Ndak pernah nangis karena sakit hati, tadi pagi-pagi liat pot 2 ini tinggal tanahnya aja kok, hati sakit banget ya," tulisnya.

Ia juga memberikan pesan kepada para pengkoleksi tanaman hias agar selalu waspada agar tanaman tidak dicuri orang lain.

"Hati-hati sekarang, kalau punya bunga yang harga lumayan oke. JANGAN DITARUH DI LUAR. Nanti diamankan orang," lanjutnya.

Maraknya pencurian tanaman hias, tentu memberikan pelajaran bagi kita agar berhati-hati menempatkan tanaman, terutama jika harganya mahal. Lantas bagaimana cara menjaganya supaya tanaman tak digondol maling? berikut tipsnya: 

1. Jangan taruh dekat akses keluar-masuk

Hindari meletakkan tanaman hias di dekat akses keluar-masuk seperti pagar atau gerbang. Ini dikarenakan pagar atau gerbang bisa menjadi akses masuk dan keluar yang mudah bagi si pencuri. Tidak meletakkan tanaman hias di dekat pagar bisa membantu memperkecil risiko pecurian tanaman hias yang sedang marak terjadi.

2. Tambahkan Pencahayaan

Biasanya, para pencuri melakukan aksi di malam hari dengan kondisi gelap. Apalagi, jika tanaman tidak ada lampu yang jadi sasaran empuk para pencuri. Maka dari itu, tambahkan pencahayaan untuk mencegah pencurian tanaman. Kamu perlu memperhatikan penerangan yang maksimal untuk menaruh tanaman hias tersebut.

3. Pasang CCTV

Untuk mencegah pencurian, kamu bisa membuat kamera CCTV. Sebab, banyak pencuri yang sadar dan mengurungkan aksi jahatnya. Kamu bisa menempatkan kamera cctv dibagian sudut rumah. Apabila tanaman mahal tersebut dicuri, kamu setidaknya bisa melihat pelaku pencuri tersebut.

4. Mengunci gembok pagar

Dengan menambahkan kunci gembok  pagar atau gerbang tentu bisa memaksimalkan keamanan sekitar lingkungan rumah. Terlebih lagi jika di pekarangan rumah ada tanaman hias bernilai jutaan rupiah. Alangkah lebih baik, gembok jadi opsi utama untuk meminimalisir pencurian tanaman hias.

5. Menempatkan pot besar 

Kamu bisa pilih pot besar dan berat yang tidak mudah dipindahkan. Walau pot  berat, tetap saja ada yang nekat untuk mengangkat pot tersebut. Sebaiknya, pasang rantai atau baut penanam ke tanah. Bisa jadi, pencuri bakal kesulitan untuk mengambil tanaman hias.

Tag: Tanaman Hias

Bagikan: