Cocok untuk Pemula dan Bisa Bertahan Hidup Ruangan Indoor, Cara Merawat Tanaman Aglonema Silverqueen

| 19 Jun 2021 08:00
Cocok untuk Pemula dan Bisa Bertahan Hidup Ruangan Indoor, Cara Merawat Tanaman Aglonema Silverqueen
Aglonema silver queen (Foto: Instagram/@mitchio.go.green)

ERA.id - Tanaman aglonema silver queen adalah salah satu tanaman hias yang paling menarik karena dedaunannya yang mencolok sepanjang 4 hingga 6 inci berwarna hijau tua dengan variegasi putih keperakan. Aglonema Silverqueen bisa bertahan hidup dalam ruangan dan tak membutuhkan perawatan khusus. 

Dilansir dari Home Guides SF Gate pada Sabtu (19/6/2021), aglonema silver queen membutuhkan perawatan yang sangat sedikit dan jarang mengalami masalah serius ketika ditanam di bawah kondisi yang tepat. 

Hal ini menjadikannya sebagai salah satu tanaman indoor terbaik untuk para pemula yang baru belajar berkebun. Tak bisa sembarangan, rupanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman aglonema silverqueen. Berikut cara merawat tanaman aglonema silverqueen.

1. Penyiraman

Aglonema silver queen (Foto: Instagram/@yubesi_kurumi)
Aglonema silver queen (Foto: Instagram/@yubesi_kurumi)

Penyiraman yang baik akan mencegah pembusukan akar pada aglonema silver queen, yang merupakan salah satu masalah utamanya. Sebaiknya, jangan biarkan tanah benar-benar kering di permukaan sebelum menyiram. 

Selain itu, Cahaya dan kehangatan yang tinggi cenderung meningkatkan kebutuhan air tanaman Silver Queen. Jadi, periksalah kelembapan tanahnya sesering mungkin dan sesuaikan airnya. Pastikan untuk membuang semua air yang menggenang di bak penampungan di bawah pot.

Saat suhu turun menjadi dingin, sebaiknya siram aglonema silver queen saat tanah benar-benar kering di bagian atas setengah hingga 1 inci. Tingkatkan penyiraman lagi saat suhu menghangat dan tingkat cahaya meningkat.

2. Pupuk

Aglonema silver queen akan bertahan tanpa pupuk jika ditanam di tanah pot yang subur dan bergambut. Namun, aplikasi ringan pupuk encer selama musim tanam dapat membantu mendukung pertumbuhan daunnya, terutama jika disimpan dalam cahaya yang sangat terang.

Direkomendasikan untuk mengencerkan satu sendok teh pupuk larut dalam 1 galon air dan menyiram dengan larutan sebulan sekali selama musim tanam. Pilih pupuk berimbang seperti 20-20-20 atau pupuk yang diformulasikan khusus untuk tanaman hias. Selalu berikan pupuk pada tanah basah.

3. Perawatan

Aglonema silver queen (Foto: Instagram/@wilhelmspader)
Aglonema silver queen (Foto: Instagram/@wilhelmspader)

Aglonema silver queen membutuhkan sedikit perawatan ringan saat ditanam di dalam ruangan agar tetap terlihat subur. Membersihkan debu secara teratur dengan kain lembut akan membantu menghilangkan penumpukan kotoran dari daunnya yang lebar dan berlilin. Hal ini sangat penting untuk tanaman seperti aglonema silver queen yang ditanam karena pola dedaunannya yang mencolok.

Selain itu, gunting daun-daun mati rusak jika pangkalnya menggunakan gunting pemangkas yang bersih dan tajam. Jika gunting pemangkas telah digunakan pada tanaman yang sakit, bersihkan bilah dengan disinfektan untuk membunuh patogen apa pun.

Kadang-kadang, aglonema silver queen dapat terkena infestasi kecil kutu putih. Periksa bagian bawah daun sesering mungkin dan cari penumpukan putih lilin. Hilangkan penumpukan dengan hati-hati dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol.

Rekomendasi