Serukan Hari Perempuan Sedunia, Ini yang Dilakukan Cinta Laura Saat Mengalami Pelecehan Seksual

| 08 Mar 2021 14:10
Serukan Hari Perempuan Sedunia, Ini yang Dilakukan Cinta Laura Saat Mengalami Pelecehan Seksual
Cinta Laura (Foto: Instagram/@claurakiehl)

ERA.id - Dalam rangka memperingati International Womens Day atau Hari Perempuan Sedunia, Cinta Laura menyerukan soal perempuan yang kerap mendapatkan pelecehan seksual di ruang publik. 

"Isu yang sangat penting, sedihnya masih miyoritas masyarakat indonesia tidak sadar apa saja bentuk pelecehan diruang publik sehingga banyak yang dinormalisasi. Kita sekarang punya tools untuk stand up, kita semua berhak hidup ditempat nyaman dan aman," ungkap Cinta Laura melalui konferensi media 'Merayakan 50 Tahun Slogan 'Karena Kita Begitu Berharga L'Oreal Paris pada Senin (8/3/2020).

Cinta Laura (Foto: Via Zoom)

Bintang film The Philosophers ini mengaku pernah mendapatkan pelecehan seksual. Kala itu, Cinta Laura sedang menyebrang jalan dan digoda oleh pria. 

"Tipe kepribadian, aku langsung negur. Singkat aja aku cerita,  aku waktu itu sore dinner sore bareng temen aku, aku bilang sama supir aku turun sini aja nyebrang kesian temen aku nunggu. Aku pakai celana panjang dan masker, terus ada yang bilang 'uuu seksi'," kata Cinta Laura.

Hingga akhirnya, ia menegurnya dengan merekam perbuat pria tersebut. Lalu, Cinta Laura mengancam akan melaporkan kejadian yang tak pantas itu. Hingga akhirnya, pria tersebut ketakutan.

"Aku marah, aku keluarkan videonya, aku bilang mas mau bilang lagi saya lapor. Masnya langsung mukanya ketakutan, aku tak mau laporkan," lanjutnya.

Bukan soal pakaian, artis berusia 27 tahun itu mengatakan perempuan bisa mendapatkan pelecehan seksual kapan saja.

"Jadi, mau baju itu tertutup atau nggak semua bisa jadi pelecehan seksual," tutur Cinta Laura.

Pelantun "Cloud 9" ini mengatakan kebanyakan perempuan takut atau bingung saat mendapatkan pelecehan seksual. Dengan kondisi tidak nyaman, menurutnya banyak perempuan yang memilih diam.

"Seringkali korban tidak tahu situasi yang tidak nyaman ini, takut bingung, kita tidak bisa menyalahkan. Karena tidak nyaman respon diam karena ketakutan. Jadi, pentingnya bertindak dalam pelecehan seks diruang publik. Kadang kita diam, orang sekitar kita diam juga," kata Cinta Laura.

Cinta Laura menyerukan agar setiap perempuan jangan mau direndahkan atau tidak diperlakukan tak adil. Ia mengajak seluruh perempuan untuk saling mendukung satu sama lain.

"Sebuah tanggung jawab untuk perempuan jangan mau direndahkan siapapun jangan mau diperlakukan tidak adil. Jadi, jangan biarkan menilai harga diri, kita harus saling support agar bisa bangkit dengan hal-hal traumatik. Maka dari itu, aku mengajak kalian agar kita tidak diam saja," papar Cinta Laura.

Rekomendasi