Tak Hanya Ekstetik, Deretan Tanaman Hias Ini Bisa Dimakan, Rasanya Unik Lho

Tim Editor

Bunga mawar (Foto: Pexels/Ian Elif)

ERA.id - Menanam tanaman berfungsi untuk mempercantik halaman rumah. Kehadirannya di pekarangan bisa membuat nuansa rumah lebih segar, cerah, asri, dan sejuk. Selain itu, ada beberapa tanaman hias yang bisa dimakan. 

Dilansir dari Garden Therapy, Jumat (19/3/2021) ada beragam tanaman hias yang bisa dimakan dan rasanya begitu unik. Sebelum mengonsumsinya, kamu pastikan bunga yang dimakan benar-benar aman. Sebab, banyak bunga yang hanya kelopaknya bisa dikonsumsi. Berikut deretan tanaman hias bisa dimakan dengan rasa unik.

1. Daylily

Tanaman hias bunga daylily sangat menarik perhatian. Bunganya juga tersedia dalam berbagai warna seperti merah, kuning, oranye, ungu, hingga putih. Bunga daylily memiliki rasa sayuran yang mirip dengan asparagus. Jika Kamu ingin memakannya, bunga bagian dasar putihnya karena akan terasa pahit. Pastikan juga jika bunga yang dimakan adalah daylily. Hal ini karena bunga lili yang lain mengandung racun.

2. Mawar

Mawar (Foto: Instagram/@bozenahimicz)

Tak hanya untuk dekorasi halaman rumah, bunga mawar bisa juga dikatakan sebagai lambang cinta yang klasik. Rasa yang dihasilkan oleh mawar bergantung pada jenis, warna, dan kondisi tanahnya. Semakin gelap kelopaknya, maka semakin kuat rasanya. Semua jenis mawar bisa dimakan. Namun, buang dahulu bagian putih pahit dari kelopaknya.

3. Lavender

Levender (Foto: Instagram/@themoosbachgarden)

Seperti bunga herbal yang lainnya, bunga lavender juga bisa dimakan. Lavender memiliki rasa bunga yang khas dengan sedikit kombinasi rasa mint. Gunakan secukupnya untuk hidangan yang manis. Sedikit saja sudah cukup.

4. Dandelion

White Dandelion Flower in Close Up PhotographDandelion (Foto: Pexels/Nita)

Dandelion adalah tanaman yang sederhana. Meskipun sederhana, bunganya terasa manis jika masih muda. Rasanya mirip dengan madu. Namun, jangan petik dandelion yang sudah tua, karena rasanya cenderung pahit.

5. Nasturtium

Nasturtium adalah salah satu jenis bunga yang bisa dimakan. Tanaman ini tersedia dalam berbagai varian yang warnanya mirip dengan matahari terbenam seperti oranye, merah, dan kuning. Semua bagian dari nasturtium aman dikonsumsi. Mulai dari kelopak, daun, hingga biji. Setelah dimakan, kamu akan merasakan rasa yang sedikit pedas, seperti rasa antara selada air dan lobak.

Tag: Tanaman Hias tanaman

Bagikan: