5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Ngabuburit di Rumah Selama Puasa agar Tetap Waras

Ilustrasi masak saat ngabuburit (unsplash/ conscious design)

ERA.id - Tak terasa bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan untuk kedua kalinya di tengah kondisi pandemi COVID-19 masih berlangsung. Tentu saja, kemeriahan Ramadan tahun ini bakal tak semeriah tahun-tahun sebelumnya sebelum adanya pandemi. Terlebih untuk kegiatan ngabuburit yang biasanya diisi dengan beragam kegiatan, seperti berkumpul atau dijadikan waktu reuni bareng teman untuk berbuka puasa bersama.

Namun, tak perlu khawatir karena banyak kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi ngabuburit yang tentunya tak mengundang kerumunan dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Apa saja kegiatannya? Simak langsung rangkumannya di bawah ini.

1. Olahraga ringan

Walaupun sedang berpuasa usahakan selalu berolahraga untuk tetap menjaga kesehatan. Selain untuk kesehatan, dengan olahraga juga akan membuat ngabuburit kamu lebih bermanfaat lho.

Gak perlu olahraga yang berat-berat, cukup yang ringan saja seperti jogging, bersepeda, ataupun melakukan yoga atau meditasi. Dengan melakukan yoga atau meditasi bisa membuat diri kamu terasa lebih tenang dan rileks pastinya. 

Perawatan diri (unsplash/ conscious design)

2. Perawatan diri

Melakukan perawatan diri merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi ngabuburit. Dengan merawat diri sendiri, kamu sama halnya dengan menunjukkan rasa mencintai diri sendiri.

Selain itu, melakukan perawatan diri sendiri juga akan membantu kamu untuk rileks secara fisik maupun emosional dari segala ketegangan akan pekerjaan ataupun dunia sekolah, sebelum menyambut buka puasa. Contoh perawatan diri yang bisa dilakukan adalah pijat ataupun pergi ke salon.

3. Bermain game online

Bermain game online juga menjadi satu kegiatan ngabuburit yang seru dan sangat aman untuk dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Main game online bisa dilakukan sendiri ataupun bersama teman-teman dekat rumah.

Bermain game online (unsplash/ onur binay)

Kegiatan ini cukup menyenangkan untuk dilakukan, yang terkadang seolah membuat waktu berjalan dengan begitu cepat hingga tak terasa sudah akan buka puasa.

4. Memasak makanan buka puasa

Hal bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit adalah memasak menu untuk berbuka puasa. Dengan memasak makanan buka puasa sendiri bisa meningkatkan kemampuan memasak dan menambah kreatifitas kamu untuk membuat berbagai macam menu makanan. Selain menambah kemampuan, memasak makanan buka puasa juga akan menambah keseruan ngabuburit kamu bersama keluarga di rumah.

5. Belajar hal baru

Bosan dengan kegiatan yang sama setiap harinya, kamu bisa mengisi waktu ngabuburit dengan mempelajari hal baru yang belum pernah dipelajari. Hal ini akan membuat kamu merasa tertantang, merasakan keseruan tersendiri, dan pastinya menambah ilmu kamu. Untuk melakukan kegiatan yang satu ini kamu bisa mulai dengan mempelajari bahasa asing yang belum pernah dipelajari, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa kegiatan ngabuburit seru di tengah pandemi COVID-19. Semoga bulan Ramadan kamu kali ini menyenangkan dan tidak membosankan ya.

Tag: puasa ramadan Ngabuburit tips puasa tips ramadan

Bagikan: