Hari Bumi Sedunia, 5 Artis Indonesia yang Lantang Kampanyekan Isu Lingkungan

Tim Editor

Hamish Daud (Foto: Instagram/@hamishdw)

ERA.id - Earth Day 2021 atau Hari Bumi Sedunia diperingati hari ini, Kamis (22/4/2021). Bukti cinta kita semua pada bumi bisa dilakukan dengan menyayangi lingkungan, yakni dimulai dari tempat tinggal sendiri. Pesan ini selalu digaungkan oleh para pecinta alam.

Artis Indonesia juga kerap mengajak publik untuk mencintai bumi dan lingkungan. Ada beberapa Tanah Air yang sudah lama berkecimpung dalam kampanye peduli lingkungan. Berikut lima artis yang aktif kampanyekan cinta lingkungan.

1. Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata (Foto: Instagram/@nadinelist)

Nadine Chandrawinata memang layak disebut sebagai sosok yang inspiratif. Nadine juga berkampanye melalui yayasan Sea Soldier yang didirikannya bersama rekannya sejak 2015. Berbagai kegiatan dalam rangka menyelamatkan bumi telah dilakukan Nadine Chandrawinata bersama Sea Soldier. 

Namanya yang dikenal sebagai Puteri Indonesia 2005 ini prestasinya lebih dari sekedar ajang kecantikan. Istri dari Dimas Anggara ini pernah didaulat menjadi Duta Autisme 2009, Duta Gajah Sumatera 2009, Duta Aku Cinta Indonesia 2010, Duta HAM bidang Lingkungan 2015 hingga Duta Wisata Bahari 2017.

2. Hamish Daud

Hamish Daud (Foto: Instagram/@hamishdw)

Hamish Daud memiliki yayasan peduli laut, Indonesian Ocean Pride. Suami dari Raisa ini menggunakan popularitasnya dan mengajak masyarakat untuk mencintai bumi, bukan hanya di Hari Bumi. Bapak anak satu ini terlibat dalam pemecahan rekor selam dunia Guinness World Records yang dilakukan di Manado, Sulawesi Utara. 

Tak hanya itu, bintang film Trinity Traveler ini juga mengkampanyekan gerakan pengurangan pemakaian sedotan plastik. Ia juga mengajak Raisa untuk mengkampanyekan pemakaian sedotan yang ramah lingkungan.

3. Nicholas Saputra

Nicholas Saputra menjadi salah satu aktivis lingkungan yang jadi dambaan bagi kaum hawa. Senang berpetualang di alam terbuka, bintang film Ada Apa dengan Cinta? ini juga membuat film dokumenter Semesta yang menceritakan tujuh tokoh peduli lingkungan di Tanah Air.

Dalam akun Instagram-nya, Nicholas Saputra terlihat jatuh cinta dengan gajah saat mengunjungi kawasan Tangkahan, Sumatera Utara. Selain gajah, aksi penyelamatan bumi lainnya yang dilakukan Nico adalah menerapkan konsep ramah lingkungan pada rumahnya. Pada November 2019, Nicholas Saputra juga diangkat menjadi Duta Nasional Unicef.

4. Tasya Kamila

Tasya Kamila (Foto: Instagram/@tasyakamila)

Tasya Kamila memang memiliki impian untuk menjadi Menteri Lingkungan Hidup. Hingga akhirnya pada tahun 2005 lalu, istri dari Randi Bachtiar ini diangkat menjadi Duta Lingkungan Hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia. Kecintaannya terhadap lingkungan dan ingin mendorong generasi muda untuk peduli lingkungan, perempuan berusia 25 tahun itu pun mendirikan sebuah yayasan bernama Green Movement Indonesia pada 2015.

5. Jessica Mila

Jessica Mila (Foto: Instagram/@jscmila)

Jessica Mila pernah terpilih menjadi duta Earth Hour Indonesia oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada tahun 2017. Tak hanya itu, mantan kekasih Mischa Chandrawinata itu juga didapuk menjadi salah satu duta Earth Hour 2017. Bintang film Imperfect ini berharap selalu memberikan hal positif kepada masyarakat maupun generasi muda untuk lebih peduli terhadap perubahan iklim di bumi. 

Tag: Nadine Chandrawinata Nicholas Saputra Hamish Daud Hari Bumi Sedunia Tasya Kamila Jessica Mila

Bagikan: