Akrab dengan Generasi 90-an, Begini Kabar Ria Enes dan Boneka Suzan Sekarang!

| 03 May 2021 11:05
Akrab dengan Generasi 90-an, Begini Kabar Ria Enes dan Boneka Suzan Sekarang!
Ria Enes dan boneka Suzan (Instagram: @ria_nsuzan)

ERA.id - Bagi anak 90-an yang kerap menonton televisi pada masa itu, mungkin hampir pasti mengenal boneka Suzan dan Ria Enes, sang seniman ventriloquist. Bertahun-tahun tak terdengar kabarnya, kini Ria Enes makin menua, namun wajah manisnya serta gayanya yang nyentrik belumlah pudar.

Kini, kegiatan Ria Enes dan Suzan masih akran dengan dunia anak-anak jika melihat akun Instagram pribadinya. Dari sana pula, Ria sering terlihat didapuk untuk menjadi pembicara dalam seminar-seminar yang membahas anak dan keluarga.

Terakhir, saat menjadi bintang tamu dalam acara yang dipandu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Ria Enes menceritakan asal usul karakter boneka Susan yang sudah menemaninya selama 31 tahun.

"Umur berapa ya? 19 kayaknya, jadi udah hampir 30 tahun," kata Ria seperti dikutip dalam kanal YouTube TRANS7 OFFICIAL, Selasa (14/7/2020) tahun lalu.

Menurut Ria, Susan dimunculkan pada saat dia menjadi penyiar radio di Surabaya pada 1991. Saat itu, Ria memerankan karakter Susan, namun bonekanya belum ada. "Itu karena siaran di Radio Suzanna Surabaya. Dulu enggak ada secara fisik, enggak ada Susan," tutur Ria.

"Karena siaran radio banyak yang tertarik dengan figur Susan, akhirnya ada yang nawarin lagi, baru cari fisiknya," sambung Ria yang kini sudah memiliki tiga anak.

Ditemani Susan, Ria sukses menelurkan karya yakni lagu-lagu anak seperti "Si Kodok", "Susan Punya Cita-cita" dan masih banyak lagi. Album-album Ria dan Susan pun pernah laris di pasaran.

Terhitung hingga 2004, Ria telah meluncurkan 12 album dari 1991. Kini Ria lebih banyak disibukkan dengan kegiatan di lembaga pendidikan Dunia Susan yang telah berdiri sejak 1994 di Surabaya.

Rekomendasi