Fakta Perjalanan Karier Sapri Pantun, Berawal dari Tukang Bubur hingga Jadi Artis Terkenal

| 11 May 2021 09:30
Sapri Pantun (Foto: IG @sapri_pantun)

ERA.id - Duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air, di mana komedian Sapri Pantun meninggal dunia, pada Senin malam (10/5/2021). Sapri meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit. 

Selama masa hidupnya, Sapri dikenal sebagai komedian yang sering melontarkan pantun-pantun lucu yang mengundang gelak tawa. Meski terkenal akan pantunnya yang kocak, nyatanya Sapri mengalami banyak kesulitan saat merintis kariernya sebagai seorang artis. 

Inilah beberapa fakta perjalanan karier seorang Sapri Pantun yang harus kamu tahu. 

1. Jadi tukang bubur dan kuli bangunan

Sebelum menjadi seorang artis terkenal, Sapri dahulu harus bekerja serabutan untuk membiayai hidupnya dan keluarga. Ia sempat bekerja menjadi tukang bubur dan menjadi kuli bangunan. Pria kelahiran tahun 1972  itu mengaku bahwa dahulu ia selalu berusaha mengerjakan apapun untuk mencari nafkah. 

"Bang Sapri pernah jualan bubur ayam, kerja bangunan, diajakin orang bikin sumur, apa aja uda Bang Sapri tekunin," ungkap Sapri, dilansir dari vlog di channel YouTuber Jessica Iskandar. 

2. Sempat jadi tukang cuci mobil trio Cagur

Sapri mengungkapkan bahwa awalnya bisa merintis karier di dunia hiburan diawali dengan dirinya  menjadi tukang cuci mobil dari trio Cagur, yakni Denny, Wendi, dan Narji. Selain menjadi tukang cuci mobil, Sapri biasa ditugaskan sebagai penjaga kantor mereka. 

"Pertama (di dunia hiburan) ketemu sama temen-temen dari Cagur (Wendi, Denny, Narji). Bang Sapri kerja di mereka gitu, tungguin kantor, cuci-cuci mobil mereka," ujar Sapri pada kesempatan yang sama. 

Sapri juga sempat mengungkapkan bahwa selama bekerja dengan trio Cagur, ia belajar dan melihat mereka  bagaimana cara yang baik tampil sebagai komedian di televisi. 

3. Tampil di kesenian Lenong

Sebelum muncul di televisi, Sapri terlebih dahulu tampil dalam kesenian Lenong. Pada tayangan vlognya bersama Jessica Iskandar itu, Sapri mengatakan bahwa selama tampil di pertunjukkan Lenong, ia jadi terbiasa dalam menghadapi candaan-candaan yang cukup ekstrem. 

"Bang Sapri dari dulu jalurnya itu bermain di kesenian tradisional Lenong. Ya boleh dikata itu bercandaannya lebih ekstrem, kan kadang kalau di TV kan masih ada batesnya jadi Bang Sapri sudah biasa," kata Sapri. 

4. Muncul di TV berkat bantuan Denny Cagur

Sapri (Foto: IG @ruben_onsu)

Setelah mengalami banyak kesulitan, Sapri akhirnya tampil di televisi l, tepatnya di program Pesbukers berkat bantuan Denny Cagur. Ia mengawali kariernya sebagai artis tanah air dengan menjadi pemain figuran di program tersebut, seperti menjadi tukang koran ataupun pohon. 

Kerja keras dan kegigihan Sapri akhirnya terbayar dan ia menjadi pemain inti dalam program tersebut. Penampilannya yang biasa ada di segmen terakhir dengan melontarkan pantun-pantun lucu selalu ditunggu oleh para penonton. 

5. Berkarier sebagai aktor

Tak hanya jadi komedian, pria yang biasa disapa Bang Sapri ini juga melebarkan kariernya ke dunia seni peran. Ia tercatat sudah membintangi dua sinetron, yaitu Rohaya & Anwar Kecil-Kecil Jadi Manten dan Jodoh Wasiat Bapak. Selain itu, ia juga sempat membintangi sitkom yang berjudul OB OK. 

Nah, itulah beberapa fakta perjalanan karier seorang Sapei. Selamat jalan bang Sapri. 

Rekomendasi