Jadi Perhatian Dunia, Miss Myanmar Bawa Misi Perjuangan di Ajang Miss Universe 2020

| 17 May 2021 11:57
Jadi Perhatian Dunia, Miss Myanmar Bawa Misi Perjuangan di Ajang Miss Universe 2020
Ma Thuzar Wint Lwin (Foto: IG @thuzar_wintlwin)

ERA.id - Pegelaran Miss Universe 2020 kembali menjadi sorotan publik dunia. Kali ini yang mencuri perhatian dunia adalah peserta asal Myanmar, Ma Thuzar Wint Lwin, yang ternyata membawa misi perjuangan masyarakat Myanmar di ajang internasional tersebut.

Cewek yang biasa disapa dengan Cindy Thuzar itu tampil memukau pada babak National Costume. Pada babak yang mengharuskan tiap peserta untuk mengenakan pakaian khas negara masing-masing itu, Cindy mengenakan pakaian etnik khas Myanmar.

Sejak awal penampilannya, Ma Thuzar sudah menjadi sorotan dengan memperagakan pakaian tradisionalnya sambil membawa pesan yang meminta dukungan doa kepada negaranya.

"Berdoa untuk Myanmar," tulis Ma Thuzar.

Pesan tersebut dimaksudkan sebagai bentuk dukungannya pada warga Myanmar yang saat ini sedang berjuang melawan kudeta militer di negaranya.

Pada satu wawancaranya, Ma Thuzar sempat mengungkapkan kejadian menyedihkan yang harus dialami olehnya dan masyarakat Myanmar belakangan ini. Ia mengungkapkan bahwa saat ini warga negaranya hidup dalam ketakutan dan membutuhkan bantuan dari dunia.

"Mereka membunuh rakyat seperti hewan. Di mana rasa kemanusiaan mereka? Tolong bantu kami. Kmai benar-benar tidak berdaya di sini," ujar Ma Thuzar, dikutip dari New York Times.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan bahwa kini masyarakat Myanmar sangat ketakutan saat melihat pasukan militer yang seharusnya melindungi mereka.

"Dalam beberapa kasus, mereka akan menembak tanpa ragu. Kami takut akan para tentara kami sendiri. Ketika kami melihat salah satu dari mereka, yang kami rasakan hanya kemarahan dan ketakutan," kata Ma Thuzar.

Ma Thuzar sendiri merupakan salah satu publik figur yang cukup vokal menyuarakan penolakan akan kudeta militer di Myanmar. Sebelum mengikuti kontes kecantikan ini, ia bahkan sudah beberapa kali berpartisipasi dalam aksi demo.

Dengan dirinya yang sudah menyuarakan penolakannnya akan kudeta militer kepada dunia, Ma Thuzar juga sempat mengaku bahwa usai dari ajang Miss Universe 2020 ia takut untuk kembali ke nagaranya sendiri.

Rekomendasi