Arifin Putra Ungkap Dirinya Penyandang Disabilitas, Pertumbuhan Lengan Kiri Terhambat

Tim Editor

Arifin Putra Disabilitas (Instagram/arifinputra_)

ERA.id - Aktor Arifin Putra mengungkap fakta mengejutkan tentang kondisi tubuhnya. Ia mengaku dirinya sebagai penyandang disabilitas. Hal mengejutkan itu disampaikan oleh Arifin Putra melalui salah satu unggahan di Instagram, Kamis (3/6/2021). Dalam unggahan itu Arifin terlihat sedang melakukan olahraga untuk menopang otot lengan dan perutnya.

"Waktu gw liat video ini gw menyadari satu hal yang gw uda hampir lupa. Gw penyandang disabilitas ringan sejak lahir," tulisnya.

Gangguan fisik yang diderita oleh pemain Foxtrot Six itu menyerang lengan kirinya. Sehingga bentuk dari lengan Arifin tidak sempurna.


"Upper Plexus Paralyisis yang menghambat mobilitas lengan kiri gw. Bisa dilihat bahwa half chin up gw rada miring dan dibantu banget dengan lengan kanan gw," lanjutnya.

Arifin Putra mengaku hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Ia harus melalui proses yang sangat panjang selama empat tahun.

Menurutnya, sebelum bisa melakukan half chin up ia bahkan tak mampu untuk sekadar melakukan chin up. Baginya dulu, saat ia mencoba melakukan itu amatlah berat.

"Tapi gw bisa jalanin half chin up at all uda ajaib banget. 4 tahun yang lalu gelantungan aja uda langsung pegel, apalagi chin up," tegasnya.

Masih dalam unggahan yang sama, aktor kelahiran 1 Mei 1987 itu juga memberi dorongan sekaligus semangat untuk para penyandang disabilitas lainnya. Arifin menegaskan bagi siapa pun yang memiliki kekurangan fisik, dirinya harus terus berlatih dan tetap percaya diri dengan tubuhnya sendiri.

"Nobody is perfect dan kalau ada kekurangan fisik atau disabilitas ringan gak perlu minder. Dengan kesabaran, bimbingan, dan kerja keras, pelan-pelan bisa dijalanin, walaupun gak sempurna," tutupnya.

Arifin Putra merupakan salah satu aktor kebanggaan tanah air. Bakat dan kemampuan aktingnya tak perlu diragukan lagi. Ia sudah banyak membintangi judul sinetron maupun film.

Uniknya meski punya kekurangan, Arifin Putra sering bermain film laga yang membutuhkan kekuatan fisik yang banyak. Film laga yang dibintanginya antara lain Foxtrot Six, The Night Comes for Us, hingga The Raid.

Tag: Perjuangan Arifin Putra Arifin Putra Disabilitas disabilitas

Bagikan: