Didakwa Delapan Tuduhan, Begini Bantahan Seungri di Pengadilan

| 01 Jul 2021 18:37
Didakwa Delapan Tuduhan, Begini Bantahan Seungri di Pengadilan
Seungri Bantah Dakwaan Burning Sun (Dok: XSports News)

ERA.id - Kasus Burning Sun yang menyeret nama Seungri lagi-lagi dibantah keras olehnya. Ia yang hadir di pengadilan menjabarkan satu per satu bantahan dari delapan kasus yang dituduhkan kepada dirinya.

Menurut laporan MK Korea, Seungri datang ke persidangan yang digelar pada 30 Juni 2021 di pengadilan militer umum di Yongin. Selama persidangan berlangsung, Seungri mengaku tak tahu tentang mediasi prostitusi yang didakwakan kepada dirinya.

"Saya tidak tahu apa-apa, dan saya mengetahuinya selama penyelidikan," kata Seungri.

Mengenai fakta yang menyebut Seungri mengirim pesan tentang menawarkan perempuan saat ada pengusaha wanita Taiwan berkunjung ke Korea, Seungri mengatakan pesan itu salah ketik karena koreksi otomatis di ponselnya.

"Saya pikir itu adalah salah ketik karena koreksi otomatis pada iPhone saya. Saya benar-benar minta maaf, tapi itulah yang saya yakini," tegasnya.

Seungri juga menekankan bahwa dia tidak terlibat dalam proses pemanggilan PSK. Dia merujuk pada fakta bahwa proses penyelidikan mengungkapkan bahwa wanita yang benar-benar hadir di tempat kejadian bukanlah pelacur dan bahwa mereka bukan kenalannya tetapi orang lain dari ruang obrolan.

Tuduhan ini mengarah pada pesta di tahun 2015 dimana ia dicurigai menyediakan pelacur untuk pengusaha Jepang. Kala itu kata Seungri, ia merayakan pesta ulang tahun dengan mengundang sejumlah tamu seperti Koji Aoyama, istrinyam dan juga teman lainnya di pesta natal.

"Saya mengundang Koji Aoyama, istrinya, dan tamu lainnya dari teman saya untuk pesta Natal besar. Saya hanya memperhatikan untuk merawat kenalan saya, dan saya hanya mengetahui tentang wanita selama penyelidikan," katanya.

Selain Seungri, tersangka lain yang juga menerima dakwaan dari kasus Burning Sun adalah Yoo In Suk, pendiri dari Yuri Holdings. Secara khusus, mantan member Big Bang itu mengatakan hubungannya dengan Yoo In Suk hanya sebatas rekan kerja saja.

Bukan hanya itu saja, Seungri juga bahwa Yoo In Suk tidak pernah memberi tahunya tentang pengiriman pelacur. Hal ini disebutkan Seungri sebagai urusan pribadi dari Yoo In Suk.

"Saya pikir tindakan Yoo In Suk sangat pribadi. Saya tidak tahu bagaimana itu terkait dengan bisnis saya. Meskipun saya diselidiki atas tuduhan memberikan bantuan seksual, tidak ada yang menghubungkan keterlibatan langsung saya di dalamnya, jadi saya bertanya-tanya apakah para penyelidik mengada-ada," paparnya.

Sejak kasus Burning Sun muncul dan menjadi besar, Seungri menjalani pemeriksaan ketat terkait delapan dakwaan. Saat itu Seungri sempat mengakui dirinya mendengar bahwa Yoo In Suk mengirim seorang wanita.

Sayangnya kesaksian itu berubah selama persidangan terbaru. Ia mengkalim saat dia bingung karena terlalu banyak diintrogasi dengan pertanyaan.

"Saya diinterogasi terlalu banyak pada saat saya mengatakan saya mendengarnya, tetapi saya sebenarnya tidak mengingatnya. Saya tidak ingat (fakta prostitusi) sama sekali, tetapi saya harus mengakui itu benar karena pernyataan wanita itu mengatakan itu," katanya.

Seungri didakwa atas delapan tuduhan pada September 2020. Delapan tuduhan itu diantaranya pembelian layanan prostitusi, mediasi prostitusi, penggelapan, kebiasaan berjudi, transaksi valuta asing, kejahatan ekonomi khusus, pelanggaran sanitasi makanan, hingga kejahatan seksual.

Rekomendasi