Heboh Sayembara Lukisan Vanessa Angel Berhadiah Rp5 Juta, Dikritik Seniman

Tim Editor

Vanessa Angel (Foto: IG @vanessaangelofficial)

ERA.id - Vanessa Angel kembali menuai sorotan publik. Kali ini, Venessa mencuri perhatian usai mengadakan sayembara untuk melukis foto keluarganya yang berhadiah Rp5 juta.

"Guys info dong kalo ada aku teman kalian yang bisa melukis foto kita ini di kanvas. Lukisan paling bagus aku bayarin 5.000.000 ya. Yang rekomendasiin temannya di komen dan terpilih jd aku kasih uang 250.000. Makasih," tulis Vanessa, pada keterangan foto keluarga yang diunggahnya, Sabtu (24/7/2021).

Reaksi yang bermunculan dari netizen beragam usai Venessa mengumumkan sayembara ini. Ada yang memuji, dan ada juga yang memberikan kritikan. Salah satunya adalah seorang seniman bernama Guruh Ramdani.


Melalui cuitan di Twitternya, Guruh mengatakan bahwa sayembara Vanessa ini sama sekali tak menjamin karya para pelukis akan diapresiasi. Menurutnya dengan mengikuti sayembara ini, pelukis malah bisa merugi.

 

Unggahan Vanessa dan cuitan seniman (Foto: Screenshoot IG & Twitter) 



"5 juta lumayan terutama bagi teman2 yg sedang merintis karir berkesenian. Yang jadi masalah adalah, ini bukan order yang pasti, tapi seperti lomba, alias sudah berkarya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya sendiri namun sama sekali tidak ada jaminan diapresiasi," tulis Guruh.

Tak hanya itu, seniman itu juga mengkritik Vanessa yang mengatakan akan memilih karya terbaik.

Menurutnya karya terbaik yang dihasilkan para pelukis yang menjadi peserta sayembara tidak sepadan dengan hadiah yang ditawarkan.

Guruh menyampaikan bahwa Vanessa hanya mengeluarkan uang yang sedikit, sedangkan karya yang terbuang sia-sia dari para pelukis akan lebih banyak.

"Mintanya karya yang terbaik, pula. Kalau mintanya yang terbaik, penghargaannya juga ya harus yang terbaik juga. Kalau seperti ini caranya, ya tidak usah diladenin. Dia hanya mengeluarkan secuil, namun akan banyak sekali karya yang terkumpul dan disia-siakan," lanjutnya.

Cuitan Guruh ini pun mendapat respons dari netizen. Banyak dari mereka yang setuju dengan pendapat Guruh dan merasa prihatin bagi orang yang ikutan tetapi tidak menang karena akan mengalami kerugian.

"Kasihan yang buat terus gak menang sih, udah keluar biaya," kata salah satu akun.

"Mending dia lihat portfolio pelukis dulu baru pilih mana yang bagus. Gitu kan jadi tahu siapa yang akan kepilih sebelum mereka buat lukisannya," ujar yang lainnya.

Tag: vanessa angel Sayembara Vanessa Angel tuai kritikan seniman

Bagikan: