Tes Kepribadian: Apa yang Kamu Lakukan Pertama Kali Saat Memasuki Kamar? Pilihanmu Ungkap Karakter Aslimu

| 03 Aug 2021 06:00
Tes Kepribadian: Apa yang Kamu Lakukan Pertama Kali Saat Memasuki Kamar? Pilihanmu Ungkap Karakter Aslimu
Tes kepribadian (Foto: Day Day News)

ERA.id - Dalam psikoanalisis, kamar tidur adalah ruang pribadi yang intim, penuh dengan makna simbolis. Hal ini menjadi bayangan cermin dan refleksi dari identitas kepribadian. Untuk mengetahui karaktermu sesungguhnya kamu bisa mengikuti sebuah tes kepribadian.

Terdapat tujuh barang dikamar, seperti jendela, lukisan, tempat tidur, karpet, rak buku, bola, dan boneka. Apa yang akan kamu lakukan pertama kali ketika memasuki kamar tidur ini? Pilihanmu ungkap kepribadianmu sesungguhnya seperti dilansir dari Day Day News pada Senin (2/8/2021).

Tes kepribadian (Foto: Day Day News)
Tes kepribadian (Foto: Day Day News)

1. Pergi ke jendela dan lihat pemandangan di luar

Dalam psikologi, jendela mewakili pembukaan pikiran dan memungkinkanmu untuk melihat bagian luar (atau bagian dalam) dirimu.

Jendela lebih seperti tempat untuk membuka pikiran di alam bawah sadar. Melihat hal-hal di luar jendela dapat membuatmu merenungkan secara mendalam tujuanmu yang sebenarnya dan menenangkan diri sendiri.

Cobalah membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar, seperti pintu dalam mimpi membiarkan cahaya masuk ke dalam hidupmu. Pilihanmu yang terkait dengan jendela menunjukkan bahwa kamu memiliki harapan penuh terhadap kehidupan, merindukan awal yang baru, dan jalan baru.

2. Memperhatikan gambar yang tergantung di dinding

Jika kamu berhenti untuk melihat lukisan, itu berarti alam bawah sadarmu akan merasakan semacam ketidaknyamanan, dan masalah penerimaan diri. Tidak hanya secara fisik, tetapi secara emosional. Kamu mungkin merupakan seseorang yang terbiasa hidup di balik layar dan saat ini merasa rindu untuk muncul keluar. Jenis komunikasi yang tidak bisa diabaikan, mungkin alam bawah sadar mengatakan bahwa kamu membutuhkan lebih banyak kehidupan sosial.

3. Berbaring di tempat tidur

Tempat tidur adalah simbol keintiman dan kerentanan ketika seseorang mencari perlindungan dan pengertian. Sama seperti saat masih muda, kita ingin berada di tempat tidur bersama orang tua. Oleh karena itu, pilihan berbaring di tempat tidur dapat berarti sedang sulit bagimu untuk menghadapi dunia luar dan tanggung jawab tertentu.

Tidak hanya itu, kegiatan ini melambangkan kelelahan sejati yang diabaikan di siang hari. Gagasan untuk tidur melambangkan bahwa kamu sedang stres. Jadi, kamu perlu menyesuaikan diri dan beristirahat. Ini adalah kebutuhan batin untuk bersantai sambil mengetahui bahwa janji tidak bisa menunggu.

4. Berbaring di karpet

Berbaring di karpet adalah panggilan bangun dari alam bawah sadarmu. Kamu ingin menyembunyikan beberapa aspek dirimu. Mungkin kamu takut untuk mengekspos diri sendiri dan mengekspos diri dari kelemahan. Jelas, kamu seperti anak kecil yang melakukan hal yang salah sekarang. Kamu merasa seperti sedang melakukan sesuatu di waktu yang tak tepat. Jadi, kamu mungkin ingin menyembunyikan diri atau bahkan menghilang.

Banyak yang mengatakan "sembunyikan debu di bawah karpet." Ini tidak masuk akal sebenarnya. Ketika orang ingin menyembunyikan cacat di lantai tertentu, mereka biasanya menggunakan karpet di rumah. Begitu juga denganmu yang ingin menutupi beberapa kekurangan atau kesalahan dari dalam dirimu.

5. Lihat buku-buku di rak

Buku adalah simbol pengetahuan, kebijaksanaan, dan ingatan. Pilihan buku yang kamu baca memiliki arti tepat, yaitu mencari pertumbuhan. Ini adalah pengejaran pertumbuhan bawah sadarmu.

Namun perlu diperjelas, kamu hanya melihat daftar isi atau membalik judul buku sesuka hati. Dalam hal ini berarti kamu sedang melalui masa penutupan yang lama. Mungkin kamu masih belum siap untuk menyelesaikan sebuah proyek, dan pernah menyerah di masa lalu. Ini juga menunjukkan bahwa kamu mengharapkan perubahan, tetapi tekad masih jauh dari cukup.

6. Pergi menendang bola

Bola akan membangkitkan beberapa ingatanmu, yang ada di hatimu ingin menghilangkan kenangan yang pernah menghancurkan kedamaian batin. Mungkin kamu mengirim orang yang dicintai ke tempat lain, atau hidup tiba-tiba mengalami beberapa perubahan besar. Kamu berharap untuk melarikan diri dari situasi tertentu yang menghancurkan kehidupan damaimu.

Isyarat simbolis dari keinginan untuk bermain adalah untuk melepaskan energi naluriah, dan energi ini adalah sesuatu yang tidak dapat diekspresikan seperti yang diinginkan. Kamu memiliki peluang untuk diperkuat dan diwujudkan, yakni membentuk suatu bentuk. Mungkin pikiran bawah sadar kamy memberi tahumu bahwa setidaknya ini secara simbolis dapat membebaskan diri sendiri.

Jika kamu memiliki kebiasaan menendang sesuatu, itu juga dapat menunjukkan bahwa alam bawah sadar sedang mencoba untuk mengurangi  serangan terhadapmu dengan menendang sesuatu yang keras. Jika masalah ini menjadi serius, itu akan menjadi "efek menendang kucing atau kick-cat" yang disebutkan dalam psikologi.

Efek kick-cat mengacu pada reaksi berantai dari melampiaskan ketidakpuasan dengan subjek yang lebih lemah atau lebih rendah dari diri mereka sendiri. "Efek menendang kucing atau kick-cat" menggambarkan emosi buruk. Ketidakpuasan orang dan suasana hati yang buruk umumnya melewati rantai hubungan sosial yang terdiri dari hierarki dan kekuatan.

7. Peluk boneka

Jika keinginan pertamamu adalah memeluk boneka, jelas alam bawah sadarmu membutuhkan rasa aman dan perlu dilindungi. Kamu secara tidak sadar akan memberinya beberapa karakteristik antropomorfik. Kontak manusia dapat menyebabkan produksi oksitosin, yang merupakan hormon yang menghasilkan kepercayaan dan meningkatkan perasaan sosial.

Penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa hormon ini dapat mengurangi kecemasan, ketakutan, meningkatkan kepuasan, keamanan dan kepercayaan pada pasangan, sehingga disebut juga "hormon kepercayaan".

"Trust hormone", dapat mengatur sistem saraf otonom, serta aktivitas area otak lain yang bertanggung jawab atas emosi, perilaku sosial, mengendurkan sistem saraf, dan melepaskan stres. Jika kamu merasa kesepian, jelas bahwa semua koneksi ini akan diperkuat, karena pertahanan psikologismu lebih rendah, sehingga kamu lebih cenderung membuat koneksi apa pun yang membuatmu merasa lebih baik.

Rekomendasi