Dituntut Pemaksaan Aborsi, Kim Yong Gun: Saya Akan Bertanggung Jawab Penuh Atas Persalinan dan Pengasuhan Anak

| 03 Aug 2021 12:01
Dituntut Pemaksaan Aborsi, Kim Yong Gun: Saya Akan Bertanggung Jawab Penuh Atas Persalinan dan Pengasuhan Anak
Kim Yong Gun Tanggung Jawab (Dok: Xsport News)

ERA.id - Aktor Kim Yong Gun akhirnya buka suara tentang tuntutan hukum yang melibatkan namanya. Dia mengatakan siap bertanggung jawab atas proses persalinan hingga pengasuhan anak dari pacar rahasianya. 

Setelah tuntutan hukum atas pemaksaan aborsinya tercium publik, Kim Yong Gun menyampaikan penyesalan terdalamnya atas semua hal yang terjadi. Dia mengaku menyesali perbuatannya yang telah menyakiti ibu dari anaknya. 

“Saya ingin menyampaikan penyesalan saya dengan tulus kepada calon ibu dan anak,” kata Kim Yong Gun, dikutip XSport News, Selasa (3/8/2021). 

Lalu, kata Kim Yong Gun, ia terkejut begitu tahu perselisihannya dengan pacar rahasia itu justru berubah menjadi tuntutan. Padahal katanya, dia sudah menghubungi pacarnya untuk menyelesaikan konflik dan bertanggung jawab atas perbuatannya. 

“Sampai baru-baru ini, saya memberi tahu pihak lain beberapa kali, ‘Saya akan mendukung persalinan Anda dan bertanggung jawab’. Karena itu, saya tidak menyangka hal ini akan berujung pada sengketa hukum yang melibatkan gugatan,” ujarnya. 

Selain menyayangkan tuntutan hukum yang diajukan kekasihnya, ayah dari Ha Jung Woo dan Cha Hyun Woo itu juga menyesali kabar baik dan bahagia ini harus ternodai dengan perbuatannya. 

Belum lagi fakta yang membuat hatinya sakit saat tahu tuntutan hukum ini suatu saat nanti bisa diketahui oleh anak yang masih berada di dalam kandungan. 

“Saya merasa seolah-olah apa yang seharusnya menjadi kesempatan untuk berkah dan ucapan selamat telah dirusak oleh perilaku saya yang tidak pantas, dan hati saya sangat berat ketika memikirkan fakta bahwa anak itu akan mengetahui tentang gugatan ini,” ungkapnya. 

Meski menyesali perbuatannya, Kim Yong Gun menilai kekasihnya adalah orang yang selalu ada di saat ia membutuhkannya. Kekasihnya disebut sering datang ke rumah setelah kedua anak Kim Yong Gun memilih untuk tinggal di rumah sendiri. 

Bahkan kata Kim Yong Gun, kekasihnya sudah merawat dan menjaga hubungan baik meski tidak setiap hari bertemu. Hingga akhirnya dia diberi kabar bahwa kekasihnya hamil empat minggu pada awal April 2021. 

Saat itu, Kim Yong Gun mengaku khawatir dan terkejut dari pada harus senang mengetahui kekasihnya hamil. Hal ini lantaran dia tidak bisa membayangkan membesarkan anak di usianya yang tak lagi muda. 

“Saya mendengar dari pihak lain bahwa dia hamil empat minggu. Karena kami tidak berjanji satu sama lain atau merencanakan masa depan bersama, saya awalnya lebih terkejut dan khawatir daripada senang,” katanya. 

“Usia dan kemampuan saya untuk membesarkan seorang anak, bagaimana saya dapat menghadapi putra-putra saya, bagaimana masyarakat akan memandang saya, semua hal ini menimpa saya sekaligus,” lenjutnya. 

Alhasil, Kim Yong Gun pun hanya bisa mengeluh dan mencurahkan isi hatinya yang dirasakan dengan kekasihnya. Di saat yang sama akhirnya keluar ucapan yang menyebut kekasihnya harus menggugurkan kandungan. 

Lalu, kata Kim Yong Gun, dia berusaha untuk terus memohon, mengeluh, hingga marah dengan situasi yang terjadi. Tetapi kekasihnya justru mengatakan kehadiran anak itu sebagai berkah.

“Saya mencoba memohon, saya mencoba mengeluh, dan saya mencoba marah. Namun, pihak lain menekankan bahwa kehidupan (anak itu) sangat berharga,” katanya. 

Hingga akhirnya di tengah kegelisahan dan juga perasaan campur aduk itu, kekasihnya memilih untuk memutus komunikasi dengannya. Menurut Kim Yong Gun, kekasihnya hanya ingin berbicara melalui perantara kuasa hukumnya saja. 

“Dan pada 21 Mei 2021, dia mengatakan kepada saya untuk berbicara hanya dengan pengacaranya dan memutuskan kontak dengan saya,” tegasnya. 

Untungnya Kim Yong Gun cepat menyadari perbuatannya dan memilih untuk bertanggung jawab penuh dengan anak di dalam kandungan kekasihnya. Ia bahkan tidak lagi memikirkan citranya sebagai salah satu aktor yang dipandang banyak orang. 

Belum lagi respon dari kedua anak Kim Yong Gun, yang justru menyambut dengan baik dan mendukung penuh kehadiran adik mereka. 

“Saya memberi tahu putra-putra saya tentang kehamilan itu, dan tidak seperti yang saya khawatirkan, putra-putra saya menyambut (berita itu), mengatakan bahwa kehidupan baru adalah berkah,” ucapnya. 

Setelah menerima dukungan dari anak-anaknya, mulai tanggal 23 Mei 2021 hingga saat ini, Kim Yong Gun menegaskan dia akan bertanggung jawab penuh atas persalinan dan pengasuhan anak. 

“Setelah menerima dukungan putra-putra saya, mulai tanggal 23 Mei 2021 hingga saat ini, saya mengatakan kepada pihak lain dan pengacaranya beberapa kali bahwa ‘Saya akan bertanggung jawab penuh atas persalinan dan pengasuhan anak’,” tegasnya. 

Namun, meski sudah menyadari semua perbuatannya, Kim Yong Gun sadar dengan luka emosional yang timbul akibat perbuatannya. Dia bahkan sadar bahwa permintaan maaf tidak akan cukup untuk menghapus luka dan rasa sakit yang diderita kekasihnya. 

Kim Yong Gun menegaskan dirinya akan melakukan yang terbaik untuk membantu pemulihan tersebut hingga menjamin proses persalinan dan juga perawatan anak bisa berjalan dengan lancar. 

Bahkan dia siap bertanggung jawab bila sesuatu yang dia lakukan bertentangan dengan hukum, maka dia siap untuk menerima konsekuensinya. 

“Jika, kebetulan, sesuatu yang saya lakukan bertentangan dengan hukum dan saya harus bertanggung jawab, maka tentu saja saya akan bertanggung jawab,” tegasnya. 

Lebih lanjut, aktor 75 tahun itu meminta agar tidak ada lagi cacian yang dilontarkan dari netizen. Hal ini dikatakan olehnya demi kesehatan kekasih dan juga calon bayinya. 

“Saya akan menerima celaan yang menyengat. Namun, demi calon ibu hamil dan anak, saya mendorong Anda untuk menahan diri dari laporan atau komentar yang provokatif,” tutupnya. 

Rekomendasi